14 July 2019, 10:44 WIB

Perbaikan Jalur Pantura Jateng di Ruas Pemalang Dilanjutkan


Akhmad Safuan | Nusantara

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Sejumlah pekerja melakukan proses perbaikan jalan di jalur Pantura, Padaharja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

PERBAIKAN jalur pantai utara (Pantura) Jawa Tengah (Jateng) kembali dilanjutkan sebulan setelah lebaran. Jalan Comal-Pemalang tepatnya di Petarukan ruas jalan sepanjang 500 meter yang mengalami rusak berat mulai dilakukan penggantian beton cor.

Pemantauan Media Indonesia Minggu (14/7), ratusan kendaraan dari arah timur (Semarang) menuju ke barat (Jakarta) harus berjalan merambat mulai Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah karena adanya perbaikan di wilayah Peratukan, Pemalang.

Jalan beton cor sepanjang 500 meter di wilayah itu saat ini dilakukan pembongkaran dengan menggunakan alat berat karena mengalami kerusakan cukup parah. Sebelumnya, selain menyulitkan warga yang melintas, jalur tersebut membahayakan
bagi kendaraan roda dua atau roda empat yang melntasinya.

"Sudah cukup lama warga menunggu perbaikan, karena jalan rusak banyak kecelakaan terutama sepeda motor yang jatuh," kata Slamet,47, warga Pasar Petarukan, Pemalang.

Sebelum dilakukan perbaikan, menurut Rifai, warga Comal, ruas jalan pantura yang rusak itu hanya ditambal seadanya terutama saat arus mudik lebaran lalu. Dengan penambalan seadanya,  dalam beberapa bulan jalan kembali rusak karena gerusan roda dari kendaraan truk yang bertonase besar setiap hari capai ribuan unit melintas di jalur tersebut.

Kepala PPK Preservasi Jalan Batang-Pemalang PU Binamarga Wilayah I Jawa Tengah Erwin Winarko mengatakan perbaikan ruas pantura Comal-Pemalang ini merupakan proyek lanjutan, setelah perbaikan di Kabupaten Batang dan Pekalongan sebelum lebaran, kini giliran Pemalang.

Pada perbaikan untuk wilayah Petarukan sepanjang 500 meter ini, lanjut Erwin, setelah dilakukan pembongkaran beton cor lama, kemudian ruas jalan akan dicor beton lagi. "Di atas cor itu juga akan dilapisi aspal sehingga selain lebih kuat juga mulus," jelas Erwin. (OL-09)

BERITA TERKAIT