PAN Tidak Dapat Kursi di Jateng, Amien Rais Duga Ada Kecurangan


Penulis: Ardi Teristi Hardi - 14 July 2019, 11:00 WIB
Antara
 Antara
Amien Rais 

POLITISI senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais kecewa partainya tidak mendaparkan satu kursi pun di DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah. Ia menduga, ada kecurangan dalam Pemilu di Dapil Jawa Tengah.

"Jadi mohon maaf, kalau ada partai yang merasa ada kecurangan TSM, terstruktur sistematis, dan masif, itu sepertinya memang di Jawa Tengah. Tetapi, ya itu pandangan kami. Tapi kata pemerintah tidak ada kecurangan, ya sudah enggak apa-apa," kata Amien Rais di sela-sela rapat dengan DPW PAN  Jawa Tengah, Sabtu (13/7) sore.

Amien Rais mengungkapkan, bagi PAN, yang paling mengecewakan adalah perolehan kursi DPR RI di Jawa Tengah karena paling jeblok. Pada periode sebelumnya, PAN memperoleh 8 kursi DPR RI dari Dapil Jawa Tengah. Namun, pada Pemilu 2019, kursi DPR RI PAN dari dapil Jawa Tengah amblas jadi kosong atau nol.

Padahal, di daerah pemilihan yang lain, aku dia, di DKI Jakarta, periode sebelumnya tidak memiliki wakil PAN di DPR RI, sekarang dapat 2. Di Medan, PAN dulu cuma dapat 1 kursi sekarang dapat 3 kursi dan di Sumatra Barat dulu dapat 1 kursi sekarang menjadi 2 kursi.

baca juga:

"Jawa Tengah bagi PAN, pertempurannya sangat berat," jelas Amien Rais.

Sebagai informasi tambahan, putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais juga menjadi Caleg DPR RI dari PAN untuk Dapil Jawa Tengah. Dari rekapitulasi di KPU, perolehan suara putra Amien Rais tersebut tidak mampu mengantarkannya ke Senayan. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT