Tisu Toilet Produk tak Ramah Lingkungan


Penulis: Zubaedah Hanum - 14 July 2019, 05:50 WIB
AFP/WANG ZHAO
 AFP/WANG ZHAO
Ilustrasi

TISU toilet merupakan satu-satunya produk yang sebagian besar digunakan manusia sekali saja kemudian dibuang. Produk tersebut, menurut para peneliti, menjadi kurang berkelanjutan dan tidak ramah lingkungan.

Analis dari majalah Ethical Consumer menemukan, saat ini merek-merek besar produsen tisu toilet ternyata amat sangat sedikit menggunakan kertas daur ulang sebagai bahan bakunya jika dibandingkan dengan 2011.

Penggunaan kertas baru dalam skala besar tentu saja berkontribusi pada deforestasi hutan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan jika menggunakan kertas daur ulang.

Tren penggunaan kertas baru dipicu tren tisu toilet yang merupakan produk yang paling lembut, dan kelembutan produk tersebut hanya dapat diperoleh dari pulp virgin alias bubur kertas segar yang didapat dari alam.

“Tidak perlu menebangi hutan untuk membuat tisu toilet. Namun, inilah yang sebenarnya terjadi,” kata peneliti untuk Ethical Consumer, Alex Crumbie, seperti dikutip dari The Guardian.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena fokus masyarakat saat ini ialah masalah sampah plastik sehingga perhatiannya terhadap penggunaan kertas daur ulang teralihkan. (H-2)

 

BERITA TERKAIT