13 July 2019, 23:40 WIB

Bangkalan akan Gelar Karapan Sapi Piala Presiden Pertama Kali


Zubaedah Hanum | Nusantara

ANTARA FOTO/Saiful Bahri
 ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Joki memacu sapi karapan di Lapangan Pakong, Durbuk, Pamekasan, Jawa Timur

KABUPATEN Bangkalan, Jawa Timur, akan menggelar karapan sapi yang memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI pada 6 Oktober 2019 menyusul penggantian lokasi dari Kabupaten Pamekasan.

"Ini merupakan kali pertama, Bangkalan menjadi tuan rumah pelaksanaan karapan sapi Piala Presiden RI," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Bangkalan, M Hasan Faisol, di Bangkalan.

Penetapan Bangkalan sebagai lokasi kejuaraan karapan sapi Piala Bergilir Presiden RI itu dilatarbelakangi gagasan penyelenggaraan yang tidak selalu berada di Kabupaten Pamekasan karena karapan sapi merupakan budaya masyarakat Madura.

Selain Bangkalan, kejuaraan karapan sapi juga akan berlangsung secara bergilir setiap tahun di tiga kabupaten lain di ‘Pulau Garam’ itu, termasuk kembali ke Pamekasan.

Hasan Faisol menjelaskan sejumlah persiapan sudah dilakukan Pemda Kabupaten Bangkalan seperti koordinasi dengan Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) IV Pamekasan, tokoh-tokoh budaya, serta para persatuan pemilik sapi karapan yang ada di Kabupaten Bangkalan, termasuk di tiga kabupaten lainnya di Madura. (H-2)

BERITA TERKAIT