Rapa’i Geleng Asal Aceh Pukau Publik Ceko


Penulis:  (Zhi/Ind/J-3) - 13 July 2019, 23:00 WIB
Ist
 Ist
Tim Tarian Rapa’i Geleng asal Aceh 

TARIAN Rapa’i Geleng asal Aceh tampil memukau pada perlombaan International Folklore Festival-Czech Fairy Tale 2019. Atas penampilan tersebut, tim misi kebudayaan dari SMA Islam Al Azhar, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, itu meraih juara satu dan berhak mendapatkan 2.000 euro, atau setara dengan Rp31,6 juta.

“Seusai manggung, panitia langsung mengumumkan pemenangnya. Saat itu kami tak menyangka bahwa tarian Rapa’i Geleng meraih juara pertama,” ujar Muhammad Taufik, pelatih sekaligus pendamping tim tarian Rapa’i Geleng, dalam rilis yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Sabtu (13/7).

Ia menjelaskan mereka berhasil menyisihkan tarian-tarian lainnya dari berbagai negara yang ikut dalam perlombaan internasional tersebut. Perlombaan International Folklore Festival-Czech Fairy Tale 2019 dilangsungkan­ di Klatovy, sebuah kota di wilayah Plzen, Republik Ceko, Jumat (12/7) pukul 19.00 waktu setempat.

Muhammad Taufik menjelaskan, selain mendapatkan uang tunai, tim juga mendapatkan sertifikat dan piala. “Kita juga menyisihkan tarian-tarian lainnya dari berbagai negara yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan internasional tersebut,” ucapnya.

Selain Rapa’i Geleng, perlombaan yang dilaksanakan dari 11 hingga 14 Juli 2019 ini nantinya juga menampilkan tarian Ratoh Jaroe.

Rapa’i Geleng adalah sebuah tarian etnik Aceh yang berasal dari wilayah Aceh Bagian Selatan tepatnya Manggeng, yang sekarang masuk kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Permainan Rapa’i Geleng juga disertakan­ gerakan tarian yang melambangkan sikap keseragaman dalam hal kerja sama, kebersamaan, dan penuh kekompakan dalam lingkungan masyarakat.

Tim tari Saman SMAI Al Azhar BSD  mempersiapkan diri dengan sangat keras selama 45 hari. Hasilnya pun tak sia-sia, mereka mendapat juara 1 dan mengalahkan ratusan peserta lainnya. Ketua Yayasan Muslim BSD, Uus Martawijaya, yang memimpin rombongan, terharu dan sangat bangga atas perjuangan tim tari Saman SMAI Al Azhar BSD.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, mengucapkan selamat kepada tim misi budaya dari SMAI Al Azhar BSD, Tangerang Selatan. “Selamat kepada kawan-kawan. Terima kasih telah memilih tarian dari Aceh untuk disertakan dalam perlombaan tingkat internasional tersebut,” ujarnya.

International Folklore Festival- Czech Fairy Tale 2019 menghadirkan berbagai penampilan tari-tarian yang diangkat dari cerita rakyat, seperti tarian klasik, tarian rakyat (termasuk tarian etnik dan sejarah), gaya tari rakyat, tari vaudeville, tari vaudeville-olahraga, garis modern, dansa ballroom, dan sebagainya. (Zhi/Ind/J-3)

BERITA TERKAIT