Atleti Pertanyakan Nilai Transfer Griezmann


Penulis: (AFP/Des/R-2) - 13 July 2019, 22:00 WIB
FRANCK FIFE / AFP
 FRANCK FIFE / AFP
Penyerang asal Prancis Antoine Griezmann dari Atletico Madrid

BARCELONA secara resmi telah menyatakan memboyong penyerang asal Prancis Antoine Griezmann dari Atletico Madrid, Jumat (12/7) waktu setempat. Namun, ternyata klub asal Griezmann masih merasa ada ganjalan terkait dengan harga transfer sehingga melaporkanya ke FIFA.

Surat kabar olahraga Spanyol, AS, kemarin, melaporkan bahwa klub yang bermarkas di Stadion Wanda Metropolitano itu kukuh dengan harga transfer 200 juta euro (Rp3,1 triliun). Bukan seperti yang diumumkan ‘the Catalans’--sebutan Barcelona--120 juta euro (Rp2 triliun).

Atleti menuding Barca mendorong agar Griezmann memutuskan kontrak dengan klub asal. Apalagi, jalinan kesepakatan bintang berusia 28 tahun dengan klub juara La Liga itu dilakukan pada 1 Juli lalu.

Lewat keterangan resmi, Atleti menyatakan jumlah dana yang disetor Barca tidak cukup untuk membayar klausul pembebasan Griezmann. “Jumlahnya jelas dalam perjanjian antarklub. Dan Barcelona menyelesaikan persoalan ini sebelum bayaran untuk Griezmann turun dari 200 juta euro menjadi 120 juta euro,” demikian pernyataan resmi Atletico.

Ini kali kedua Atleti melaporkan Barcelona ke FIFA sebagai otoritas sepak bola internasional. Pada 2017, Atletico juga melaporkan tindakan Barcelona dengan tudingan melakukan pendekatan ilegal sebelum kontrak Griezmann berakhir.

Laporan Atleti itu bisa berujung ke pengadilan. Itu membuat keputusan sah tidaknya Greizmann merumput di Camp Nou markas Barcelona bergantung kepada ketokan palu hakim pengadilan Spanyol.

Terlepas dari tudingan Atleti, kubu Barcelona telah menyatakan Griezmann bakal diikat kontrak hingga 2024 atau selama lima musim. Barca juga membentengi pemain yang bersama Atleti mencetak 133 gol sejak bergabung pada 2014, senilai 800 juta euro (Rp12,6 triliun) untuk lima musim. Jumlah yang melebihi apa yang dibayarkan Barca untuk bintang Argentina, Lionel Messi.

Griezmann yang berkeinginan hengkang dan mangkir latihan perdana bersama Atleti, menyatakan kepindahannya untuk mencari tantangan yang lebih besar. Setelah menjadi juara dunia bersama Les Bleus Prancis di Rusia 2018, Griezmann ingin merasakan trofi La Liga. Ambisi yang dia harapkan terwujud bersama Barcelona musim ini. (AFP/Des/R-2)

BERITA TERKAIT