14 July 2019, 05:25 WIB

Raisa: Ingin Tampil Beda


Indriyani Astuti | Weekend

 DOK. INSTAGRAM
  DOK. INSTAGRAM
Raisa Andriana seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia mulai dikenal publik setelah membawakan lagu berjudul Serba Salah.

PENYANYI Raisa Andriana, 29, tak butuh waktu lama untuk hiatus dari panggung bernyanyi. Selama tujuh bulan sejak konser terakhirnya, Raisa menuntaskan kerinduannya lewat sebuah single bertajuk Kembali yang diluncurkan secara resmi pada Rabu (10/7).

Menariknya, lagu Kembali digarap bersama musikus muda Mikha Angelo dan kembali bekerja sama dengan Marco Steffiano. Raisa mengaku, single Kembali memiliki cita rasa lagu yang lebih maskulin.

"Ini pop tapi mungkin power pop kali. Aku selalu berusaha eksplore kira-kira bisa kayak gimana lagi. Lagu yang melow bisa dibawa ke arah mana dan lagu ini ada maskulinnya sedikit. Mungkin karena nulis-nya bareng kedua cowok ini," terang Raisa saat ditemui di Jakarta, awal pekan ini.

Lagu Kembali diakuinya sebagai karya yang lebih kuat dari karya-karya sebelumnya, dari sisi musik maupun gaya bernyanyinya. "Di awal-awal aku enggak terlalu nyanyi tapi lebih kayak ngomong. Kayak begitu aku belum pernah coba sebelumnya. Belakangnya lebih powerful dan pokoknya it's a mix of all the new Raisa," beber Raisa.

Meski lagu Kembali dikerjakan secara matang lewat serangkaian proses produksi dan syuting sejak Februari 2019, Raisa mengaku tetap saja deg-degan. Menurutnya, kesamaan judul dan momentum kembalinya ia ke dunia musik tidak direncanakan sejak awal. “Ternyata pas, (lirik) dan momennya kembali,” ujar istri Hamish Daud itu.

Pada bulan-bulan pertama vakum, penyanyi kelahiran Jakarta itu mengaku sama sekali tidak punya waktu untuk memikirkan soal lagu karena sibuk mengurus keluarga. “Setelah mendapat ritme enak di rumah, sudah beberapa bulan, merasa sehat dan enak, aku merasa ini waktunya kembali," katanya.

Minum teh hangat
Raisa dan Hamish menikah pada 3 September 2017. Anak pertama mereka berjenis kelamin perempuan lahir pada 13 Februari 2019 dan diberi nama Zalina Rayne Wyllie.

Meski sudah banyak kerabat yang mengunggah foto sang anak, hingga kini baik Raisa dan Hamish sama-sama tak pernah mengunggah foto wajah putri mereka. Mereka hanya mengunggah foto siluet wajah sang anak.

Tiga bulan setelah Zalina lahir, Raisa mengaku sudah sangat merindukan suasana panggung musik. "Aku sudah kangen banget nulis lagu, rekaman, workshop, on stage bareng anak-anak band. Aduh, kangen anak-anak. Kangen YourRaisa," kata Raisa dalam video I'm Back! melalui kanal Youtube Raisa6690, Juni lalu.

Diakui Raisa, proses melahirkan tak berpengaruh apa-apa pada suaranya. Namun, dirinya harus sedikit adaptasi agar kembali terbiasa beraktivitas di dapur rekaman, termasuk soal menjaga stamina. “Setengah jam pertama harus pemanasan, minum teh hangat,” katanya.

Ia tidak mematok jadwal pasti untuk kembali berkarya setelah melahirkan, yang jadi pertimbangan justru kesiapan hatinya. “Tim juga nunggu aku merasa siap dan fokus, sekarang aku sudah 100% sehat dan fokus,” ujar Raisa. (Medcom.id/Ant/H-2)

 

BERITA TERKAIT