14 July 2019, 00:50 WIB

Aktif Berinteraksi dengan Seni Modern


Rizky Noor Alam | Weekend

MI/RIZKY NOOR ALAM
 MI/RIZKY NOOR ALAM
Berbagai instalasi Future Park Jakarta, di Mal Gandaria City. Dalam sehari, pertunjukan dibagi dalam 8 waktu, mulai yang terpagi pukul 10.00

JIKA Anda sering disuguhi pameran seni modern yang biasanya menampilkan patung-patung maupun lukisan kontemporer yang bergaya imajinatif kekinian, sesekali cobalah mengunjungi sebuah pameran instalasi seni yang tidak hanya modern, tapi juga dilengkapi dengan teknologi.

Pameran itu menamakan dirinya Future Park Jakarta, yang digelar di Mal Gandaria City. Di kesempatan itu, Future Park menyajikan instalasi seni modern yang dipadukan dengan teknologi. Uniknya, Anda bisa berkontribusi dan berinteraksi dalam instalasi yang dipamerkan.

Ada setidaknya lima karya yang bisa Anda nikmati di Future Park Jakarta. Pertama ada Animal of Flowers, Symbiotics Live. Dalam pameran pertama ini Anda akan disuguhkan gambar-gambar binatang yang bergerak di din­ding yang terbuat dari rangkaian bunga-bunga berwarna-warni.

Bunga-bungaan tersebut tumbuh dari tubuh-tubuh binatang yang berjalan, ada singa, burung unta, gajah, badak, kanguru, dan lain sebagainya.

Jika Anda menyentuh binatang tersebut ekspresinya akan berubah dan bersuara, bunga-bunganya sendiri akan menyebar dan binatang pun menghilang sungguh sebuah instalasi seni digital yang menakjubkan, apalagi diperkaya dengan efek suara-suara alam yang semakin menghidupkan suasana.

Setelah Anda menyusuri lorong pertama, selanjutnya Anda akan masuk ke pertunjuk­an kedua, yaitu Graffiti Nature: Lost, Immersed, and Reborn. Saat memasuki pertunjukan itu, Anda akan langsung disuguhi aneka makhluk digital berbentuk buaya, kadal, burung, katak, hingga bunga-bunga berwarna-warni yang hidup baik di lantai maupun di dinding.

Tidak hanya itu, Anda pun dapat berkontribusi menyemarakkan pameran kedua ini dengan mewarnai objek-objek tersebut pada kertas gambar yang sudah disediakan dalam sebuah ruangan, Anda bisa memilih objek apa yang ingin Anda warnai, apakah salah satu dari jenis binatang tersebut atau memilih bunga-bunga.

Anda bebas mewarnai sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas Anda, setelah selesai gambar Anda akan dipindai dengan sebuah alat dan langsung menjadi objek hidup yang turut meramaikan instalasi kedua tersebut, sungguh amat menarik.

Bola-bola
Instalasi berikutnya yang ketiga ialah Light Ball Orchestra. Tidak jauh berbeda dengan instalasi-instalasi sebelumnya yang penuh dengan warna-warni.

Yang membedakan ialah Anda akan memasuki sebuah ruangan dengan alunan musik yang penuh dengan bola-bola besar berwarna-warni, yang mana jika Anda pukul atau ayunkan bola-bola tersebut, warna dan suara yang dikeluarkan akan berubah.

Tidak hanya bola-bola yang ada di lantai yang bisa dimainkan, bola-bola yang tergantung pun jika dipukul akan mengubah warna dan suara seluruh bola yang ada di ruangan, menarik bukan?

Selanjutnya yang keempat ialah Sketch Aquarium. Instalasi ini tidak jauh berbeda dengan instalasi kedua, yang membedakan ialah Anda akan dibawa seolah-olah berada di dalam laut.

Warna biru akan mendo­minasi dalam ruangan ini untuk menghidupkan kesan bawah laut. Objek-objek binatang laut, seperti hiu, ubur-ubur, penyu, kuda laut, ikan, hingga terumbu karang tampak hidup bergerak ke sana-sini dengan warna-warni yang menarik.

Anda bisa berkontribusi interaktif dengan mewarnai objek yang disenangi sesuai kreativitas dan imajinasi Anda. Setelah diwarnai akan dipindai, maka objek pun turut hidup meramaikan instalasi ini.

Terakhir ialah instalasi Sliding through the Fruit Field. Ini semacam seluncur atau perosot­an yang mana akan ada objek-objek digital berbentuk bola-bola dalam seluncuran tersebut. Saat Anda meluncur dan mengenai bola-bola itu, bola-bolanya akan terbang dan mengenai vegetasi digital yang ada seperti benih dan bunga yang membuat tanaman menjadi tumbuh.

Ada tiga macam bola-bola, yang berwarna biru melambangkan air, warna kuning melambangkan lebah madu, dan warna hitam melambangkan sampah terkontaminasi yang akan menghilang­kan benih-benih itu. Jika Anda orang dewasa, tidak perlu malu untuk ikut berseluncur dalam instalasi ini karena ini ditujukan bagi siapa pun, tidak terbatas oleh usia.

Jika Anda tertarik, Anda bisa memesan tiketnya secara online atau membeli langsung di tempat. Dalam sehari, pertunjukan dibagi dalam 8 waktu, mulai yang terpagi pukul 10.00 hingga yang paling akhir pukul 20.30 WIB.

Setiap pertunjukan jumlah pengunjung yang masuk dibatasi agar para pengunjung dapat menikmati setiap instalasi dengan maksimal sehingga jangan kaget jika terkadang saat memesan tiket sudah terjual semua.

Anda akan diberi waktu selama 1,5 jam dalam setiap sesi dan hanya bisa memasuki instalasi sesuai dengan tiket terjadwal yang sudah dibeli. Pertunjukan yang diselenggarakan Team Lab tersebut hadir sejak 20 Juni lalu hingga 20 Desember mendatang. (M-4)

BERITA TERKAIT