Jakarta Tambah Ruang Terbuka Hijau


Penulis: (Rif/J-1) - 12 July 2019, 04:00 WIB
Antara
 Antara
 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

RUANG terbuka hijau (RTH) Jakarta akan kembali bertambah. RTH yang baru tersebut berada di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, dan tengah dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Taman Dukuh Atas ini adalah bagian dari penataan koridor Sudirman-Thamrin. Saat ini telah memasuki tahap persiapan akhir sebelum resmi dibuka untuk publik," bunyi akun Instagram Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, @aniesbaswedan, Rabu (10/7).

RTH yang berada persis di sisi timur trotoar Sudirman-Dukuh Atas tersebut merupakan upaya Pemprov DKI mengubah ruang jalan untuk kendaraan bermotor menjadi ruang pejalan kaki.

"Sama seperti penataan terowongan Kendal, Pemprov DKI mengubah ruang yang tadinya jalan untuk kendaraan bermotor, menjadi ruang untuk pejalan kaki, trotoar" tulis Anies.

Taman terletak di area pertemuan banyak moda transportasi meliputi kereta rel listrik (KRL), moda raya terpadu (MRT), Trans-Jakarta, hingga kereta bandara, itu akan menjadi tempat warga beralih angkutan umum.

"Ruang di Dukuh Atas ini terbuka untuk semua. Sambil berpindah moda transportasi, warga bisa berinteraksi di sini," pungkasnya.

RTH tersebut nantinya ditunjang berbagai fasilitas olahraga, seperti skate board, spot ekspresi seni budaya, dan spot edukasi utilitas kota.

Anies pun berharap ruang tersebut dapat menjadi wahana tautan kekeluargaan antarwarga. "Semoga dapat menjadi wahana tautan kekeluargaan antarwarga Jakarta," tutupnya. (Rif/J-1)

 

BERITA TERKAIT