11 July 2019, 23:40 WIB

Saatnya LRT Beroperasi Resmi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
  ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di kawasan Kelapa Gading, Jakarta,

LRT Koridor Kelapa Gading - Velodrom sepanjang g 5,8 km melintasi Stasiun LRT Pegangsaan Dua, Kelapa Gading; Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan berhenti di Stasiun Velodrome, Rawamangun.

Dalam uji coba publik, LRT belum resmi mendapatkan anggaran subsidi dari Pemprov DKI sehingga tidak ada pemborosan APBD. "Ini satu bagian dari pembangunan secara keseluruhan sehingga memang harus ada trial and error dalam bentuk uji publik. Jadi kita bukan mengada-ada dalam melakukan uji publik," tegasnya.

Dengan melihat animo masyarakat yang sangat tinggi, Melisa optimistis masyarakat Jakarta akan menggunakan moda transportasi kereta ringan tersebut.

Optimalkan pelayanan
Secara terpisah, PT MRT Jakarta juga sedang berusaha mengoptimalkan pelayanan dengan menandatangani nota kesepahaman bersama Yayasan Institute for Transportation and Development Policy Indonesia (ITDP).

Nota kesepahaman berkaitan dengan studi integrasi antarmoda serta optimalisasi konektivitas pejalan kaki dan sepeda di sepanjang koridor MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta.

Southeast Asia Director ITDP, Yoga Adiwinarto, mengaku sudah lama berharap dapat terlibat dengan MRT untuk memberikan pemikiran dalam mengoptimalkan layanan MRT.

"Kami sudah lama berharap bisa memberikan satu dua pemikiran bagaimana mengoptimalkan layanan MRT. Kami melihat MRT sebuah simbol untuk memperbaiki perilaku masyarakat dalam menggunakan transportasi publik," paparnya.

Ia pun berharap kerja sama ke depan dapat memperbaiki sistem transportasi publik yang terkoneksi dengan ramah oleh pejalan kaki maupun pesepeda. (Rif/J-1)

BERITA TERKAIT