192 Orang Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK


Penulis: M. Ilham Ramadhan Avisena - 11 July 2019, 15:58 WIB
MI/Immanuel Antonius
 MI/Immanuel Antonius
Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, Yenti Garnasih. 

SEBANYAK 192 orang dari 376 pendaftar seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lolos tahap administrasi dan diwajibkan untuk mengikuti seleksi uji kompetensi yang meliputi objective test dan penulisan makalah.

192 orang itu berasal dari berbagai macam profesi, diantaranya ialah akademisi/dosen sebanyak 40 orang, advokat/konsultan hukum 39 orang, koorporasi yang meliputi swasta/BUMN/BUMD sebanyak 17 orang.

Baca juga: KPK Panggil Satu Saksi dalam Kasus Garuda

Kemudian, Jaksa/Hakim sebanyak 18 orang, Polri 13 orang, auditor 9 orang, komisioner atau pegawai KPK 13 orang, serta dari bidang profesi lain seperti PNS, pensiunan, wiraswasta, NGO dan pejabat negara sebanyak 43 orang.

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, Yenti Garnasih, mengatakan mereka yang tidak lolos tahapan administrasi pada umumnya bermasalah dalam pencantuman umur.

"Aturannya kan umur itu minimal 40 tahun sampai dengan 65 tahun, jadi banyak dari pendaftar yang gagal karena soal umur, kemudian berkaitan dengan riwayat pekerjaan yang minimal 15 tahun di bidang hukum, ekonomi, perbankan, ada yang tidak memenuhinya," terang Yenti dalam konferensi pers, Kamis (11/7).

Sementara, bila dilihat dari nama perserta yang lolos, terdapat sejumlah nama besar di KPK, Alexander Marwata, Basaria Panjaitan dan Laode M Syarif serta Deputi Pencegahan Pahala Nainggolan.

Mantan Kabareskrim Anang Iskandar juga lolos dari tahapan administrasi. Demikian pula dengan pengacara tersangka korupsi dugaan gratifikasi Bowo Sidik Pangarso, Saut Edward Rajagukguk lolos dalam tahap pertama. (OL-6)

BERITA TERKAIT