10 July 2019, 23:49 WIB

KPK Umumkan Status 6 Orang Terjaring OTT Kepri Usai Pemeriksaan


M. Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum

Antara/Rivan Awal Lingga
 Antara/Rivan Awal Lingga
Juru Bicara KPK Rivan Awal Lingga

JURU Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah memastikan, giat operasi tangkap tangan (OTT) di Kepulauan Riau telah dilakukan sejak Rabu (10/7) siang dan telah mengamankan enam orang.

Diduga operasi tangkap tangan itu berkaitan dengan izin rencana reklamasi di Kepulauan riau. Saat ini KPK tengah melakukan pemeriksaan kepada enam orang yang diamankan di Polres setempat.

"Enam orang ini ada dari unsur Kepala Daerah kemudian Kepala Dinas terkait yang mengurus bidang kelautan, kemudian ada Kepala Bidang, PNS dan pihak swasta," kata Febri melalui pesan singkat.

KPK kata Febri, memiliki waktu selama 1x24 jam untuk menaikkan status enam orang terperiksa menjadi tersangka. Oleh karenanya, penetapan status enam orang yang diamankan akan disampaikan pada esok hari.

Baca juga : KPK Tangkap Kepala Daerah di Kepri

"Mungkin besok (Kamis, 11/7) baru bisa kami sampaikan melalui konferensi pers. Apakah akan dibawa enam orang atau sebagian saja dibawa, karena proses pemeriksaan selesai besok, mungkin akan saya update lagi," ujarnya

OTT yang dilakukan KPK, kata Febri, dibantu oleh pihak kepolisian setempat setelah menerima informasi soal transaksi yang akan dilakukan terkait izin lokasi rencana reklamasi di Provinsi Kepulauan Riau.

"Ada uang yang kami amankan dari operasi hari ini sekitar 6.000 dollar Singapura, diduga ini bukan penerimaan pertama. Nanti tentu kami akan iidentifikasi dan dalami lebih lanjut mulai dari proses pemeriksaan ini," ujar Febri. (OL-7)

BERITA TERKAIT