02 July 2019, 22:42 WIB

Sri Mulyani Pastikan 99,9% Gaji ke 13 sudah Cair


Antara | Ekonomi

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan hingga Selasa (2/7) sebanyak 99,9% gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) sudah cair dan hanya tersisa 0,01% belum terealisasi.

"Gaji ke-13 yang belum cair tersebut dikarenakan satuan kerja di daerah yang memang mereka atau petugasnya sedang cuti halangan," kata Menkeu di Jakarta, Selasa (2/7).

Pada umumnya, kata dia, seluruh gaji ke-13 tersebut sudah dicairkan dengan dana mencapai Rp20 triliun.

Bagi aparatur sipil negara (ASN) yang belum menerima pencairan gaji ke-13, dia meminta agar bersabar karena terkendala satuan kerja daerah.

"Mungkin saja tenaga satkernya sedang berhalangan atau ada perubahan DIPA, jadi mayoritas semuanya sudah terbayarkan gaji ke-13 hari ini," ujar dia.

Sementara itu, Asnawati salah seorang PNS asal Sumatra Barat mengatakan gaji ke-13 sudah dicairkan sekitar satu minggu sebelumnya. Saat pencairan juga harus berdesak-desakan di bank karena ramainya masyarakat yang mengambil.

Baca juga: Kemenkeu Sebut Lapindo Baru Bayar Utang Rp5 Miliar

"Saya sudah menunggu-nunggu pencairan gaji ke-13 ini, karena untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup," ujar dia.

Pensiunan PNS lainnya asal Kota Padang, Temin, mengatakan baru bisa mencairkan gaji ke-13 pada Senin (1/7). Padahal, di daerah lain sudah terlebih dahulu menyalurkannya.

"Saya sudah lama menunggu gaji ke-13 ini agar cair, karena kebutuhan juga banyak. Tapi sepertinya tidak semua daerah pencairannya sama," ujar dia.

Ke depan, ia berharap pemerintah semakin mempermudah dan mempercepat pencairan gaji ke-13 agar bisa digunakan PNS maupun pensiunan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. (X-15)

BERITA TERKAIT