30 June 2019, 15:00 WIB

Demokrat dan Gerindra Lebih Berpeluang Gabung ke Kabinet


Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
DIREKTUR Eksekutif Indo Barometer M. Qodari 

DIREKTUR Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai dari sejumlah partai oposisi yang bertarung pada pilpres kemarin, Partai Demokrat dan Partai Gerindra memiliki kans lebih besar gabung ke kabinet. Ia juga memandang bergabungnya oposisi dalam kabinet mendatang penting demi persatuan dan pembangunan ke depannya.

“Pilpres kemarin itu lukanya cukup dalam dan lebar. Untuk mengobatinya harus direkatkan kembali dan dijahit lukanya. Posisi di kabinet merupakan salah satu alat untuk mewujudkan hal tersebut,” terang Qodari saat dihubungi Minggu (30/6).

Menurut Qadari ada sejumlah alasan mengapa kedua partai tersebut memiliki peluang cukup besar untuk bergabung ke pemerintahan. Salah satunya, kata dia, karena kedua partai tersebut memiliki komando dan garis kepemimpinan yang jelas.

“Kalau di Demokrat tentu pak Susilo Bambang Yudhoyono dan kalau di Gerindra tentu pak Prabowo. Keduanya memiliki satu garis komando yang jelas. Selain itu, dari segi kursi dalam parlemen keduanya pun akan memiliki pengaruh jika bergabung ke pemerintahan,” jelas Qodari. (A-3)

BERITA TERKAIT