Keramahan Masyarakat, Unsur Penting Kemajuan Pariwisata


Penulis: Sri Utami - 27 June 2019, 18:00 WIB
MI/ROMMY PUJIANTO
 MI/ROMMY PUJIANTO
  Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf 

FOKUS pemerintah dalam mengembangkan dan memajukan destinasi wisata di berbagai daerah harus didukung berbagai aspek penting salah satunya keramahan masyarakat. Sikap ramah tidak bisa dipandang sebelah mata dan harus diajarkan sejak dini serta masuk dalam kurikulum sekolah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf seusai membuka Trisakti Tourism Award Destinasi Indonesia Expo and Conference di Jakarta, Kamis (27/6).

"Untuk mengembangkan pariwisata yang kuat, kita harus memberikan pendidikan yang baik tentang pariwisata termasuk dengan kurikulum. Walaupun bukan sekolah pariwisata, namun ada pengajaran tentang alam dan budaya yang kita miliki," kata Triawan Munaf.

Baca juga: Sektor Pariwisata Topang PAD

Dia menuturkan pariwisata menjadi andalan terakhir dalam menghasilkan devisa dan pendapatan negara. Sehingga berbagai hal yang menopang majunya industri pariwisata harus diberikan.

"Keramahan dan kebersihan itu penting dalam pariwisata. Alamnya sudah ada tapi jika tidak ditopang dengan keramahan dan kebersihan maka sulit untuk memajukan pariwisata," imbuhnya.

Triawan berharap kepedulian berbagai lembaga untuk memerhatikan mentalitas SDM guna mewujudkan destinasi wisata yang maju dengan keramahan masyarakatnya. Selain itu, pengembangan destinasi wisata di setiap daerah diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah.(OL-5)

BERITA TERKAIT