27 June 2019, 11:31 WIB

15 Daerah di Sumsel Terapkan Tanda Tangan Elektronik


Dwi Apriyani | Nusantara

Antara
 Antara
Proses pembuatan KTP elektronik 

PEMERINTAH Provinsi Sumatra Selatan terus melakukan percepatan penyelesaian pencetakan Kartu Tanda  Penduduk (KTP) Elektronik. Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatra Selatan Nasrun Umar saat membuka rapat koordinasi dalam rangka pernerbitan KTP-El Kabupaten/ kota Se-Sumatra Selatan Tahun 2019 di Palembang, Kamis (27/6) mengatakan pihaknya sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dinas Catatan Sipil Kabupaten/Kota dan 22 OPD yang terkait dalam penerbitan KTP-El ini.

"Sudah kita tanda tangani perjanjian kerjasamanya," kata dia.

Dalam rapat koordinasi dalam rangka pernerbitan KTP-El Kabupaten/Kota ini, Nasrum menambahkan seluruh Dinas Catatan Sipil di Sumsel telah menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

"Dari 17 Kabupaten/kota di Sumsel, 15 di antaranya sudah menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk menerbitkan dokumen Akta Kelahiran, Akta Surat Keterangan Kematian, Pindah Datang dan Kartu Keluarga. Sedangkan 2 Kabupaten/Kota lainnya masih tahap persiapan,"  tambahnya.

baca juga: Pelaku Penyelundupan Orang Utan Diduga Oknum TNI

Dikatakan, selain 17 Kabupaten/kota tersebut, 47 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumsel, 22 OPD sudah menandatangani Perjanjian Kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan satu OPD yakni Bappenda sudah dapat mengakses Kependudukan dengan  menjaring NIK dan KK dalam  pembayaran Adminduk Kab/Kota se-Sumsel.

"Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi Kabupaten/Kota yang inovasi ditetapkan sebagai Top pelayanan kependudukan," tandasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT