26 June 2019, 12:30 WIB

Polisi Siap Amankan Gedung MK, Bawaslu, dan KPU


M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

ANTARA/Nova Wahyudi
 ANTARA/Nova Wahyudi
Personel Brimob Polri bersiap melakukan pengamanan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (26/6)

KEPOLISIAN mengerahkan 47 ribu personel untuk mengamankan tiga gedung lembaga di antaranya Mahkamah Konstitusi (MK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pengamanan  dilakukan menjelang keputusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) tahun 2019 pada Kamis (27/6).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, besok, Kamis (27/6), akan dilaksanakan pengumuman atau putusan sengketa pemilu (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tentunya dengan adanya kegiatan tersebut dari MK pihak kepolisan dibantu TNI melakukan pengamanan di sana," kata Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya (PMJ), Rabu (26/6).

"Tentunya ada beberapa personel kita siapkan untuk melakukan pengamanan. keseluruhan 47.000 personel untuk pengamanan," imbuhnya.

Baca juga: Polisi Turunkan 1.290 Personel Jelang Putusan MK

Selain di MK, pengamanan juga dilakukan di gedung Bawaslu dan gedung KPU.

"Ada juga kita amankan di Bawaslu, KPU ada di sana. Khusus di MK ada sekitar 13.000 personel TNI dan Polri siap mengamankan jalannya sidang tersebut," ujar Kombes Argo Yuwono.

Selain pengaman terhadap tiga gedung tersebut, pengamanan juga diberikan kepada perorangan termasuk hakim hingga keluarga hakim.

"Pengamanan itu digunakan untuk pengamanan orang yang misalnya perangkat hakim kemudian juga keluarganya maupun karyawannya dan kemudian juga termohon pemohon kita lakukan pengamanan di gedung MK tersebut," jelas Kombes Argo Yuwono. (OL-2)

BERITA TERKAIT