20 June 2019, 23:20 WIB

Skenario Buruk Bayangi Argentina


M Taufan SP Bustan | Sepak Bola

Douglas Magno / AFP
 Douglas Magno / AFP
  Lionel Messi.

ARGENTINA lagi-lagi menelan hasil kurang optimal di ajang Copa America 2019. Kali ini, La Albiceleste ditahan imbang Paraguay 1-1 dalam lanjutan penyisihan Grup B di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Kamis (20/6) pagi WIB.

Hasil itu melanjutkan performa buruk tim besutan Lionel Scaloni tersebut setelah di laga pertama dipermalukan Kolombia 0-2. Akibatnya, mereka kini terancam gagal lolos dari fase grup.

Untuk sementara tim ­‘Tango’ berada di posisi juru kunci Grup B dengan nilai satu, sama dengan Qatar yang berada di urutan ketiga. Mereka defisit lima angka dari pemuncak klasemen ­Kolombia yang sudah memastikan tiket ke perempat final dan satu angka dari tim peringkat kedua Paraguay.

Kondisi itu tentu sangat ironis. Pasalnya, Argentina datang ke Brasil dengan status sebagai salah satu ­kandidat juara. Faktanya, alih-alih berada di trek yang benar, ­Albiceleste bahkan terancam skenario tidak lolos dari babak penyisihan grup.

Betapa tidak? Meski lawan terakhir mereka relatif ringan, yakni Qatar, nasib mereka juga bergantung pada tim-tim lain.

Selain tiga juara dan runner-up grup, Copa America juga meloloskan dua tim peringkat ketiga terbaik. Artinya, mereka tetap tidak lolos meski menang atas Qatar jika ­Paraguay, Venezuela, dan Ekuador/Jepang juga sama-sama menang.

“Itu akan menjadi mimpi buruk jika kami tidak bisa lolos dari fase grup ketika ada tiga tim lagi yang bisa lolos. Bagaimanapun Anda harus berpikir positif dan memiliki kepercayaan diri,” ujar megabintang Argentina Lionel Messi.

“Saya lihat tim tetap yakin untuk lolos. Mereka juga percaya kami akan memenangi pertandingan berikutnya,” lanjut pemain Barcelona tersebut.

Saat melawan Paraguay,  Messi tampil sebagai dewa penyelamat Argentina lewat golnya dari tendangan penalti di menit ke-57.  

Paraguay unggul lebih dulu lewat gol Richard Sanchez  pada menit ke-37.

Sesuai jadwal, Argentina akan menghadapi Qatar di Arena do Gremio, Porto Alegre, pada Senin (24/6) WIB. Agar bisa lolos, Argentina harus menang atas Qatar sambil berharap Paraguay tak meraih tiga angka dari Kolombia.
Segel tiket

Kontras dengan Argentina yang masih harus berjibaku, Kolombia justru sudah memastikan tiket ke perempat final. Hasil itu didapat tim berjuluk Los Cafeteros itu setelah menang tipis 1-0 atas Qatar di Morumbi, kemarin.
Satu-satunya gol Kolombia dalam laga itu dicetak Duvan Zapata pada 4 menit ­menjelang bubaran.

Dengan hasil tersebut, Kolombia berada di posisi puncak klasemen sementara Grup B dengan nilai enam.

Sementara itu, Cile berpeluang menyegel tiket perempat final dari Grup C jika bisa mengalahkan Ekuador pada Sabtu (22/6). Untuk sementara ini, Cile bertengger di posisi puncak klasemen Grup C dengan nilai tiga, sama dengan Uruguay yang berada di posisi kedua.

Adapun Ekuador menempati urutan ketiga dengan nilai 0, sama dengan tim juru kunci Jepang. (AFP/BBC/R-2)

BERITA TERKAIT