Empat Orang Didakwa Terkait Insiden MH17


Penulis: Basuki Eka Purnama - 20 June 2019, 07:15 WIB
AFP/JOHN THYS
 AFP/JOHN THYS
Foto keempat tersangka penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17

PENYELIDIK internasional, Rabu (19/6), mendakwa tiga warga Rusia dan seorang warga Ukraina melakukan pembunuhan terkait penembakan pesawat MH17 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines.

Keempatnya merupakan yang pertama terancam hukuman dalam tragedi yang terjadi lima tahun lalu dan menyebabkan 298 orang tewas.

Sidang keempat orang yang terkait militer dan intelejen itu akan dimulai di Belanda pada Maret tahun depan.

Namun, keempatnya kemungkinan besar akan disidangkan secara in absentia karena baik Rusia maupun Ukraina kemungkinan besar daik akan bersedia mengekstradisi warga negara mereka.

Baca juga: Belanda akan Beri Bantuan Hukum Gratis Bagi Kerabat Korban MH17

Moskow mengecam apa yang mereka sebut sebagai 'tudingan yang sama sekali tidak berdasar' terkait penembakan jatuh pesawat yang sedang dalam perjalanan antara Belanda dan Kuala Lumpur di atas wilayah timur Ukraina yang dikuasai pemberontak pro-Rusia.

Tim penyelidik yang dipimpin Belanda mengatakan surat perintah internasional telah dikeluarkan untuk warga negara Rusia Igor Girkin, Sergei Dubinsky, dan Oleg Pulatov serta warga negara Ukraina Leonid Kharchenko. Keempatnya diduga memiliki peran dalam kelompok separatis Republik Rakyat Donetsk.

Jaksa Belanda Fred Westerbeke mengatakan keempat orang itu akan diminta pertanggungjawabannya terkait membawa masuk sistem rudal BUK dari Rusia ke Ukraina meski mereka bukan yang menembakkan rudal yang menjatuhkan pesawat MH17. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT