Kemendag Dukung Penyederhanaan Prosedur Perdagangan Global


Penulis: Andhika Prasetyo - 19 June 2019, 21:18 WIB
Antara/Moch. Asim
 Antara/Moch. Asim
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Dermaga Internasional PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), 

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) mendukung upaya penyederhanaan prosedur perdagangan internasional.

Hal tersebut perlu dilakukan demi memuluskan transaksi antarnegara yang selama ini masih cenderung rumit karena kebijakan yang berbelit.

Kini, banyak negara yang mulai mengedepankan hambatan nontarif untuk memagari pasar dalam negeri mereka.

Baca juga : Presiden Geram Kinerja Investasi dan Ekspor Loyo

Langkah itu dilakukan dengan menerapkan pemberlakuan standar, kesehatan, keselamatan dan lingkungan hidup yang cukup menyulitkan.

“Penerapan hambatan nontarif yang mengada-ada berdampak pada meningkatnya biaya perdagangan dan administrasi dalam perdagangan internasional yang akhirnya dapat bersifat proteksionisme,” ujar Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Dody Edward melalui keterangan resmi, Rabu (19/6).

Upaya penyederhanaan prosedur tersebut disuarakan dalam sebuah lokakarya yang diikuti 125 peserta asal negara-negara anggota APEC.

Nantinya, usulan itu akan disampaikan pada pertemuan Komite Perdagangan dan Investasi di forum APEC di Puerto Varas, Chile, Agustus mendatang.

"Diharapkan, rekomendasi itu akan menghasilkan kerangka kebijakan yang nantinya benar-benar bisa diimplementasikan sehingga perdagangan internasional bisa berjalan dengan transparan," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT