234 Polisi Jadi Korban Kerusuhan Aksi 21-22 Mei


Penulis: Ferdian Ananda Majni - 19 June 2019, 18:30 WIB
 ANTARA FOTO/Reno Esnir
  ANTARA FOTO/Reno Esnir
Kerusuhan 21-22 Mei

EKSES kerusuhan aksi 21-22 Mei tidak hanya menelan korban jiwa dari masyarakat. Ratusan polisi yang turut mengamankan unjuk rasa itu juga menjadi korban.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan, pihaknya telah mendata imbas kerusuhan yang terjadi pada 21 dan 22 Mei 2019.

"Penyidikan ini berkaitan adanya kerusuhan tadi, ada korban dari polisi dan ada kerugian. Dari polisi ada 234 anggota Polri yang jadi korban dan ada kerusakan bangunan," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/6).

Menurutnya, selain itu terdapat beberapa bangunan yang dibakar oleh massa, yaitu mess Polri di Petamburan Jakarta Barat, pos polisi sektor Sabang, sektor Cut Mutia, sektor Slipi Jaya dan ada 3 ruko terbakar di Petamburan, Jakarta Barat.

Begitu juga dengan kendaraan personel Brimob juga menjadi sasaran amukan massa. Puluhan kendaraan Korps Brigade Mobil itu dibakar dan rusak berat.


Baca juga: Pemuda Bawa Ganja di Depan Sekolah Ditangkap Polisi


Masing-masing ada 15 unit di Asrama Brimbob Petamburan, sebanyak 29 roda 4 rusak sedang dan rusak parah. Bahkan 2 bus Brimob dibakar, 2 bus Brimob di rusak, 2 truk Brimob dirusak dan 1 truk Rubicon Brimob dirusak, serra 1 Toyota Rush dinas Brimob mengalami kerusakan parah di kawasan Palmerah.

"Kita ada juga yang di pospol sektor Sabang ada 4 kendaraan dinas polisi yang dibakar," terangnya.

Akibat kerusakan hingga Brimob menjadi korban. Polisi berhasil mengamankan 447 tersangka kerusuhan, dari 447 tersangka itu terdapat 35 tersangka anak-anak dibawah umur.

Hingga kini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kasus itu. Polisi juga masih mencari keberadaan dalang yang bertanggung jawab penuh dalam kerusuhan tersebut. (OL-1)

BERITA TERKAIT