Pelaku Usaha Harap BI Turunkan Suku Bunga Acuan


Penulis: Atalya Puspa - 19 June 2019, 16:45 WIB
MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani

PELAKU usaha berharap hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) esok hari, Kamis (20/6), menghasilkan putusan turunnya suku bunga acuan.

"Kami berharap suku bunga acuan bisa diturunkan karena kondisi makroekonomi sudah cukup kondusif," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdan kepada Media Indonesia, Rabu (19/6).

Dirinya menilai itu dengan kondisi perekonomian Indonesia masih tergolong baik, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2019 yang tumbuh pada level 5,07%. Ia pun melihat dari sisi inflasi terkendali di level rendah dan naiknya peringkat utang Indonesia ke level BBB.

Di sisi lain, perekonomian global tengah mengalami guncangan. Bahkan International Monetary Fund (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global ke level 3,3%.

"Memang kalau kondisinya seperti ini langkah yang tepat yakni dengan menurunkan tingkat suku bunga," ujarnya.

Baca juga: BI Diprediksi Turunkan Tingkat Suku Bunga

Dengan memangkas suku bunga, dirinya menyatakan hal itu akan membawa pengaruh positif pada sektor riil.

"Jika BI memangkas suku bunga, langkah tersebut akan diikuti oleh penurunan suku bunga oleh bank umum. Itu akan berpengaruh pada pertumbuhan kredit yang lebih tinggi," tukasnya.

Sebagai informasi, saat ini BI7DRRR berada di level 6% dengan Lending Facility Rate pada level 6,75% dan Deposit Facility Rate pada level 5,25%.(OL-5)

BERITA TERKAIT