Revisi Permendag Impor Limbah Non-B3 Tunggu Masukan KLHK


Penulis: Andhika Prasetyo - 17 June 2019, 19:35 WIB
Ist
 Ist
limbah impor Ilegal

KEMENTERIAN Perdagangan mengungkapkan revisi Peraturan Menteri Perdagangan No.31/2016 tentang Impor Limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun telah siap. Namun, mereka masih menunggu masukan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait poin-poin pemisahan komponen yang tergolong sampah dan limbah nonbahan beracun dan berbahaya (B3).

“Ada HS yang digolongkan lain-lain. Kita harus diskusikan karena HS lain-lain itu yang digunakan untuk mengimpor sampah plastik. Kita harus bicarakan definisi yang jelas antara sampah dan limbah non-B3,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan kepada Media Indonesia, Senin (17/6).

Baca juga: KLHK Minta Pengembalian Impor Limbah yang tak Sesuai Ketentuan

Ia menyebutkan seluruh pihak masih harus membahas hal tersebut sebagai petunjuk teknis dan kejelasan dalam implementasi impor dan pengawasan di masa mendatang.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah petunjuk teknis itu nantinya akan dimasukkan langsung ke revisi Permendag atau disajikan terpisah dalam bentuk turunan peraturan tersebut.(OL-5)

BERITA TERKAIT