Distribusi Bantuan Banjir Sulsel Terhambat


Penulis:  (Ind/H-3) - 16 June 2019, 23:20 WIB
ANTARA FOTO/Basri Marzuki
 ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Bantuan untuk korban banjir

PENGIRIMAN bantuan logistik untuk korban banjir di sejumlah wilayah di Sulawesi terkendala akses menuju lokasi, menyusul belum surutnya banjir, terutama di Kabupaten Konawe, Sulawesi Utara.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, mengatakan banjir belum surut di Kecamatan Pondidaha dan Kecamatan Wonggeduku. Akibatnya, kendaraan yang membawa bantuan logistik harus berjalan sangat pelan atau bahkan berputar arah mencari jalan alternatif.

“Perjalanan dari Dinas Sosial Provinsi Sultra ke Kabupaten Konawe ditempuh selama 3-4 jam. Biasanya 1 jam dalam kondisi tidak banjir. Tantangannya karena banjir masih menggenangi hingga setinggi pinggang orang dewasa,” ujarnya, kemarin.

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan tahap pertama ke Dinas Sosial Provinsi Sultra untuk diteruskan ke dinsos kabupaten/kota terdampak banjir. “Selain bantuan dalam bentuk logistik, Kementerian Sosial juga telah menerjunkan tim layanan dukungan psikososial dan tim layanan dapur umum di sejumlah titik terdampak banjir,” ujar Mensos.

Sebanyak 5.111 jiwa dari 1.420 kepala keluarga harus mengungsi akibat bencana banjir yang melanda 6 kecamatan, 3 kelurahan, dan 38 desa di Sulawesi. (Ind/H-3)

BERITA TERKAIT