16 June 2019, 04:50 WIB

Mulai Hari dengan Sarapan


Thalatie K Yani | Weekend

Dok. MI
 Dok. MI
Sarapan Pagi

TAICHING: Sarapan menjadi santapan terpenting sebelum memulai hari.

WAH, liburan sudah usai. Sudah saatnya kembali bersekolah. Sudah siap semua perlengkapan untuk sekolah? Akan tetapi, jangan lupa satu hal, sebelum beraktivitas pastikan kita sarapan ya.

Pasalnya, sarapan akan memberikan kita energi untuk menjalani hari yang istimewa. Namun, pilih sarapan yang tepat, bisa memberikan kalori yang pas untuk memberikan energi saat beraktivitas. Sayangnya di Indonesia 60% masyarakat tidak sarapan atau memilih minum sebagai sarapan.

"Masalah di Indonesia 60% masyarakatnya tidak sarapan. Padahal, sarapan merupakan investasi dan fondasi buat hari yang baik. Sebenarnya sarapan itu 30% dari kebutuhan harian," ujar Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia Windy Cahyaning Wulan dalam Nestum Amazing Morning di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Windy mengungkapkan sarapan itu sebaiknya disantap dan bukan diminum. "Masyarakat kita suka beranggapan minum teh manis di pagi hari sudah termasuk sarapan. Padahal itu belum. Minuman sereal kebanyakan mengandung gula dan cepat membuat lapar lagi," paparnya.

Ahli gizi dr Rita Ramayulin mengungkapkan sarapan itu banyak memberikan manfaat baik secara fisik maupun psikologi. Ketika mengonsumsi makanan, kata Kak Rita, terjadi gerakan motorik kasar di sekitar mulut yang menstimulasi organ pencernaan dan organ lain, termasuk jantung.

"Meningkatnya perederan darah akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Demikian kerja otak dan otot akan lebih baik karena mengonsumsi makanan kita bisa mengurangi rasa lapar dan meningkatkan kemampuan kognitif, seperti daya ingat dan fokus," paparnya.

Nah, sobat, jadi jangan lupa sarapan. Namun, harus memilih sarapan yang tepat, yang mengandung banyak serat. (M-2)

Suara Anak

Armor Partogi Tampubolon

Kelas 3 SD Strada Bhakti Wiyata Kranji Bekasi Barat

SARAPAN bagi aku itu penting karena kalau tidak sarapan, kita tidak punya tenaga. Aku paling suka sarapan dengan spageti. Selain itu, aku juga suka sereal, makannya gampang. Tinggal beri susu sudah enak.

Muhammad Taufiq Rovyansyah

Kelas 6 SD Al Fath Cirendeu

AKU paling suka sarapan pagi dengan sereal karena sereal sarapan paling simpel dan enak. Aku tidak melupakan sarapan, soalnya sarapan itu penting. Sarapan menjadi sumber tenaga untuk beraktivitas sehari-hari.

Manfaat Makan Pagi

Sarapan pagi memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh kita. Yuk, cari tahu apa saja manfaatnya.

1. Energi

Tubuh memerlukan energi yang cukup guna menjalankan aktivitas. Energi itu bisa didapatkan dari sarapan.

2. Menyegarkan otak

Dari sarapan, otak kita pun mendapatkan nutrisi yang baik untuk berpikir dengan baik dan cepat.

3. Konsentrasi

Sarapan mampu membuat kita fokus belajar atau melakukan pekerjaan.

4. Cegah Mag

Bila kita sarapan, lambung akan terisi makanan yang mampu menetralisasi asam lambung sehingga lambung tidak terasa perih yang berujung sakit mag.

5. Menghindari Camilan

Bila kita sarapan, kita tidak akan mudah merasa lapar sehingga tidak banyak mengonsumsi camilan yang bisa membuat kita gemuk.

6. Menurunkan Berat Badan

Santap makan pagi setelah bangun tidur bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membakar lemak, bagus untuk Anda yang diet.

7. Kurangi stres

Bila aktivitas kita tinggi dan perut dalam kondisi kosong, akan membuat kamu cepat stres lo sobat.

Ragam Makanan

Bosan menu sarapan yang itu saja? Berikut ada sejumlah alternatif makanan pagi kamu.

1. Sereal Multigrain

Seral jenis ini bisanya memiliki tiga jenis bijian, seperti gandum utuh, beras, dan jagung, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama dan memberi energi yang berkelanjutan.

2. Roti Gandum

Roti ini memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Apalagi bila ditambahkan selai kacang yang mengandung protein, vitamin E, serat, dan mineral.

3. Nasi Goreng

Bila memiliki waktu sarapan yang cukup, bisa berkreasi dengan nasi goreng. Cukup menyiapkan nasi, bumbu, dan bahan pelengkap. Kenyang dan bergizi pula.

4. Telur

Siapa yang tidak tahu bahan makanan satu ini? Telur dapat diolah menjadi aneka ragam hidangan sarapan. Kamu bisa membuatnya menjadi telur orak-arik atau omelet dengan beragam isian, seperti sayuran, keju, atau protein lainnya. Telur setengah matang pun menarik untuk sarapan.

5. Panakuk

Sarapan dari western ini bisa menjadi pilihan sobat Medi lo. Cukup campurkan tepung terigu, baking powder, baking soda, gula pasir, susu bubuk, kuning telur, dan air. Setelah diaduk rata tinggal dimasak di atas wajan antilengket. Nah, sobat bisa berkreasi dengan makanan ini dengan menambahkan buah atau meses.

Resep Parfaits

Bahan

1/8 buah semangka

2 buah jambu

2 buah jeruk

2 buah apel

1 buah mangga

4 sdm cream cheese

4 sdm yoghurt tawar

1/4 sdt bubuk kayu manis

2 sdm gula pasir

128 gr Nestum Original

daun mint untuk hiasan

Cara Membuat

- Aduk cream cheese, yoghurt, bubuk kayu manis, dan gula pasir hingga lembut dan gula larut, sisihkan.

- Potong semua buah seukuran dadu kecil.

- Siapkan gelas saji, tuangkan kocokan yoghurt, lapis dengan Nestum Original, tambahkan buah potong, ulang lapisan hingga 2 kali.

- Terakhir, hias dengan daun mint, sajikan.

BERITA TERKAIT