Tingkatkan Daya Saing, Kadin Minta Pemerintah Fokus Bangun SDM


Penulis: Nur Aivanni - 15 June 2019, 18:05 WIB
MI/ARYA MANGGALA
 MI/ARYA MANGGALA
WAKIL Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani 

WAKIL Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani mengatakan bahwa pemerintah perlu fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) jika ingin terus bersaing dan berkompetisi di tingkat global.

"Sekarang sudah saatnya kita mulai membangun sisi SDM bila ingin terus bersaing dan berkompetisi di tingkat global," kata Shinta kepada Media Indonesia, Sabtu (15/6).

Terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019, menurut Shinta, itu berarti pemerintahan Jokowi bisa langsung meneruskan fokus pembangunan selanjutnya, yaitu pembangunan sumber daya manusia.

"Kita saat ini kalah dibandingkan Vietnam atau Malaysia untuk skilled labour, sehingga kita kesulitan menarik investasi yang memiliki nilai tambah tinggi seperti manufaktur," katanya.

Baca juga: Menperin: Peningkatan Daya Saing Kunci Hadapi Perang Dagang

Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara dengan peningkatan peringkat daya saing tertinggi di kawasan Asia Pasifik. Peringkat Indonesia naik 11 poin dari sebelumnya di posisi 43 pada tahun 2018 menjadi 32 di tahun 2019.

Informasi tersebut disampaikan dalam International Institute for Management Development (IMD) World Competitiveness Ranking 2019 yang diterbitkan oleh IMD World Competitiveness Center pada 28 Mei 2019. (OL-7)

BERITA TERKAIT