Naura Tetap Pilih Menyanyi


Penulis: Suryani Wandari Putri Pertiwi - 15 June 2019, 04:50 WIB
dok.mi
 dok.mi
PENYANYI sekaligus aktris Adyla Rafa Naura Ayu

Naura tetap bisa membagi fokusnya dalam hal berakting dan bernyanyi sekaligus.

PENYANYI sekaligus aktris Adyla Rafa Naura Ayu atau yang akrab dipanggil Naura, 13, kembali menghiasi layar kaca Indonesia dengan penampilan barunya di film bergenre drama musikal berjudul Doremi & You yang akan tayang 20 Juni mendatang.

Film ini mejadi film keduanya setelah Naura dan Genk Juara melejit di pasaran. Di film bertema persahabatan ini, Naura berperan sebagai Putri yang memiliki tiga sahabat. "Karakter Putri itu sedikit keras, tapi sebenarnya baik. Putri sulit sekali senyum," kata Naura saat konferensi pers Doremi & You, di CGV Grand Indonesia, Jumat (14/6).

Ia menambahkan, kisah persahabatan empat anak berbagai suku ini sangat solid yang tampak dalam sikap bahu-membahu mengatasi kesulitan ketika tak sengaja menghilangkan uang jaket untuk keperluan ekstrakurikuler paduan suara sekolah mereka.

Solusinya, mereka kemudian mengikuti kontes bernyanyi Doremi & You untuk mendapatkan sejumlah uang pengganti. Namun, masalah demi masalah berdatangan yang membuat cerita ini semakin kompleks dan mengharukan.

Proses syuting film yang berlatar di Yogyakarta itu bahkan membawa kisah pada pemain, termasuk Naura. Ia harus menjalani beberapa kali mengambil adegan terakhir saat dirinya harus senyum semringah di hadapan lawan aktingnya, Devano Danendra (Reno). "Ya, itu sulit sekali, sampai harus diulang beberapa kali hingga bisa senyum lebar sambil menatap matanya," lanjutnnya.

Meskipun begitu, Naura tetap bisa membagi fokusnya dalam hal berakting dan bernyanyi sekaligus, bahkan baginya, tak ada kesulitan berarti dalam menjalani proses syuting film garapan sutradara BW Purwanegara.

Saat ditanya soal pilihannya menjalani karier, Naura tak menyangkal dunia akting sangat menyenangkan, tetapi bukan berarti ia berhenti dalam dunia tarik suara. "Saya bukan aktris, jadi mungkin akan saya ambil jika ada tawaran. Namun jika harus pilih, saya tetap pilih jadi penyanyi," ungkapnya.

Ubah pandangan

Hampir menginjak usia 14 tahun, putri dari Riafinola Ifani Sari, personel Be3, itu semakin bertumbuh menjadi perempuan remaja. Ia bahkan mengaku sedang dalam masa mengubah pandangan orang tentang dirinya sebagai penyanyi cilik. Salah satunya melalui berakting dalam film ini.

Berperan sebagai anak SMP yang mulai bercerita tentang perasaan, ia berharap film ini menjadi jembatan seseorang menilai dirinya sebagai pribadi yang sudah masuk tahap remaja.

Tak hanya itu, dalam lagu-lagu berikutnya, ia pun berusaha menampilkan lirik yang universal. "Aku terus bertumbuh, tak menutup kemungkinan segmen pendengar pun berubah. Jadi, aku berusaha lagu selanjutnya lebih bisa diterima bukan hanya anak-anak, tapi remaja dan dewasa pun dapat menerimanya," kata Naura.

Lagu bernuansa dewasa bahkan telah hadir berjudul Katakanlah Cinta. Sentuhan pop akustik menjadi nuansa yang kental dalam lagu itu. Meskipun terdengar lebih dewasa, tetapi Naura tak serta-merta meninggalkan warna musiknya yang lama. Lagu itu pun ynag rencananya dihadirkan dalam Konser Dongeng ke-4 dirinya nanti.

Beranjak dewasa, Naura mengaku masih ada batasan atau aturan yang diberlakukan orangtuanya. Namun, Naura tak pernah mempermasalahkannya. "Untuk larangan pasti masih ada, apalagi itu baik buat kita. Pasti orangtua punya alasan yang baik," tutup Naura. (M-4)

BERITA TERKAIT