Sejumlah Akademisi Apresiasi Silaturahim Ma'ruf Amin ke Palu


Penulis: Mitha Meinansi - 14 June 2019, 21:50 WIB
ANTARA
 ANTARA
Cawapres 01, KH Ma'ruf Amin

SEJUMLAH akademisi dari Universitas Tadulako Palu mengapresisasi positif dan menyambut baik kunjungan Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kapasitasnya sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Sulawesi Tengah, Jumat (14/6) dan Sabtu (15/6).  

Pakar politik Universitas Tadulako, Dr Darwis, mengatakan kunjungan Kiai Ma'ruf tersebut diharapkan akan memperkuat silaturahim antarmasyarakat Sulawesi Tengah pasca-Pemilihan Umum Presiden 2019.    

"Kita berharap kedatangan Kiai Ma'ruf ini akan membawa kondusif antarpendukung pilpres kemarin, sehingga tidak lagi mengalami polarisasi politik kepentingan," katanya di Palu, Jumat.    

Dia mengatakan kunjungan Ma'ruf Amin tersebut sebagai simbol pemersatu. Kunjungan Ketua MUI itu kata Darwis, dalam rangka syiar Islam.    
"Pak kiai itu simbol pemersatu. Sebagai tokoh agama wajar kita menghormati beliau. Mari kita sambut kedatangan tokoh kita ini," katanya.  

Dia berharap para elite politik di Sulawesi Tengah tidak lagi mengait-ngaitkan kunjungan Ma'ruf Amin dengan pilpres karena urusan pilpres secara konstitusi telah berada di ranah Mahkamah Konstitusi.   

"Pilpres sudah selesai, sekarang politik hukum ada di MK," katanya.  


Baca juga: 56.123 Warga Terdampak Banjir di Samarinda


Apresisasi positif juga dikemukakan akademisi Untad Dr Ir Muhammad Sadik Arifuddin MSc. Dia berharap kunjungan Kiai Ma'ruf tersebut dapat menyatukan kembali umat Islam di Sulawesi Tengah yang pada pilpres sebelumnya sempat terpolarisasi pro dan kontra.

Menurut Sadik, suasana Pilpres 2019 membuat hubungan keberagaman khususnya di Sulteng sedikit terganggu sehingga perlu bersatu kembali agar tidak terpuruk.    

Dia mengatakan kunjungan Ma'ruf Amin ke Sulteng tersebut menunjukkan kiyai Nahdlatul Ulama itu diterima dengan baik di daerah ini.   

"Apalagi kapasitasnya sebagai Ketua MUI sangat peduli dengan umat Islam di Sulteng," katanya.    

Ma'ruf Amin berkunjung ke Sulawesi Tengah dalam rangka peletakan batu pertama Islamic Center MUI Sulawesi Tengah di Kabupaten Sigi sekaligus menghadiri Hari Wafat pendiri perguruan Islam Alkhairaat Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua.   

Ma'ruf tiba di Palu Jumat sore. Pada Jumat malam, Ketua MUI itu akan bersilaturahim dengan para tokoh agama dan pemerintah daerah. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT