Dalami Kasus Romi, KPK Akan Periksa Calon Rektor UIN


Penulis: M. Ilham Ramadhan Avisena - 14 June 2019, 19:11 WIB
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Tersangka kasus dugaan suap seleksi pengisian jabatan di Kementerian Agama Romahurmuziy (tengah)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pemeriksaan kepada calon Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) terkait dengan kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama untuk tersangka Rohamurmuziy.

"Dalam bulan Juni ini kami rencana juga sudah mulai melakukan pemeriksaan untuk sejumlah calon Rektor Universitas Islam Negeri di beberapa daerah," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di gedung KPK, Jumat (14/6).

Pemeriksaan kepada calon Rektor itu, kata Febri, dilakukan lantaran KPK menemukan fakta baru pada kasus ini yang membutuhkan keterangan dari calon Rektor UIN tersebut.

Baca juga: Romahurmuziy Akui Kerap Titip Nama ke Menag

"Kami menemukan beberapa fakta-fakta baru, sehingga dibutuhkan proses pemeriksaan terhadap para calon Rektor dan tiga besar dari calon Rektor di beberapa Universitas Islam Negeri," imbuh Febri.

"Karena UIN ini kan di bawah Kementerian Agama. Kami mendapatkan informasi baru yang perlu kami klarifikasi, tentu terkait dengan sejauh mana pengetahuan mereka dan apa yang mereka alami terkait dengan dugaan peran tersangka RMY dalam proses ini," sambungnya.

Menyoal dengan pemeriksaan Romi, sapaan akrab Rohamurmuziy, Febri menyatakan, penyidik mendalami peran serta mengklarifikasi informasi yang berkaitan dengan kasus ini kepada Romi.

"Tadi didalami terkait dengan peran tersangka diklarifikasi beberapa informasi-informasi, sebagian kita tahu itu juga sudah muncul di proses persidangan," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT