14 June 2019, 17:15 WIB

Kemendag Raih WTP Delapan Kali Berturut


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/SUSANTO
 MI/SUSANTO
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

KEMENTERIAN Perdagangan kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Opini WTP tersebut menjadi yang kedelapan secara berturut-turut sejak 2011. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan raihan positif itu merupakan gambaran dari kerja keras dan komitmen dari seluruh jajaran yang berada di lingkup Kemendag.

"Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyajikan laporan keuangan yang memenuhi prinsip akuntabilitas dan sesuai standar akuntansi pemerintahan," ujar Enggartiasto melalui keterangan resmi, Jumat (14/6).

Baca juga: Opini WTP Pemprov DKI Diragukan

Kendati demikian, ia mengungkapkan masih ada catatan dari BPK yang perlu menjadi perhatian Kemendag di masa mendatang.

Catatan tersebut ialah terkait proses hibah aset berupa gedung bangunan pasar dan peralatan mesin yang berasal dari dana tugas pembantuan. "Itu akan segera kami tindak lanjuti," tuturnya.

Enggartiasto berkomitmen untuk terus berupaya mempertahankan opini WTP dengan memperkuat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Selain itu, Kemendag juga akan mewujudkan zona integritas dan wilayah bebas korupsi, wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM) dalam setiap pelayanan kepada publik. (OL-4)

BERITA TERKAIT