14 June 2019, 16:16 WIB

KPK Limpahkan Dakwaan dan Berkas Perkara Sofyan Basir


M. Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum

MI/ADAM DWI
 MI/ADAM DWI
Dirut nonaktif PT PLN Sofyan Basir 

JAKSA Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan dakwaan dan berkas perkara untuk Sofyan Basir ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

"Hari ini Jumat (14/6), Penuntut Umum KPK telah melimpahkan Dakwaan dan berkas perkara untuk terdakwa Sofyan Basir, Direktur Utama PT. PLN (Persero) Tbk. ke Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui keterangan tertulisnya, Jumat (14/6).

Febri mengatakan, jadwal agenda sidang pertama untuk pembacaan dakwaan itu bergantung pada pihak PN Jakarta Pusat. Dalam jalannya persidangan nanti, jaksa KPK akan membeberkan secara rinci peranan Sofyan Basir dalam perkara ini.

"KPK akan menguraikan secara lebih rinci dan sistematis dugaan perbuatan dan peran terdakwa dalam perkara dugaan suap terkait kontrak kerjasama PLTU Riau-1 tersebut mulai dari dakwaan dan rangkaian persidangan," tukas Febri.

Baca juga: KPK Segera Rampungkan Berkas Sofyan Basir

Sofyan merupakan tersangka teranyar setelah sebelumnya KPK menetapkan tiga orang tersangka lainnya, yakni Ketua Komisi VII DPR Eni M Saragih, mantan Sekretaris Jenderal partai GolkarIdrus Marham dan Johannaes Budisutrisno Kotjo selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited.

Sofyan diduga bersama-sama membantu Eni dan kawan-kawan menerima hadiah atau janji dari Kotjo untuk kepentingan proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU) Riau-1.

Oleh karenanya penuntut umum akan mendakwa Sofyan dengan pasal 12 huruf a juncto pasal 15 UU tipikor juncto pasal 56 ke 2 KUHP atau pasal 11 juncto pasal 15 UU Tipikor juncto pasal 56 ke 2 KUHP. (OL-4)

BERITA TERKAIT