Demokrat Dukung Rekonsiliasi Santai Sambil Naik Kuda atau MRT


Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani - 14 June 2019, 15:59 WIB
MI/ BARY FATHAHILAH
 MI/ BARY FATHAHILAH
 Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean 

PARTAI Demokrat menyatakan dukungannya terhadap ide Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan rekonsiliasi politik dengan Prabowo Subianto secara lebih santai. Di antaranya dengan sambil menaiki kuda atau transportasi umum baru di Jakarta, MRT.

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengatakan bahwa ide tersebut sangat baik. Ia berharap ide itu bisa disambut baik oleh Prabowo agar segera terlaksana.

"Partai Demokrat sangat mendukung untuk segera dilakukan pertemuan antara Jokowi dan Prabowo dalam keadaan santai saja jangan terlalu formal. Seperti yang disampaikan Jokowi bisa baik kuda atau sambil jalan-jalan naik MRT," ujar Ferdinand, ketika dihubungi, Jumat (14/6).

Baca juga: Jokowi Siap Rekonsiliasi Dengan Naik Kuda Atau Naik MRT

Ia mengatakan kuda dan MRT bisa menjadi pilihan untuk mewujudkan rekonsiliasi yang membekas dan bermakna dalam bagi masyarakat. Suasana pertemuan yang santai diharapkan bisa menciptakan gambaran kondisi damai, kedekatan, dan persahabatan antara kedua calon presiden dan tokoh-tokoh politik pendukungnya.

"Apa saja yang bisa menunjukkan bahwa para pemimpin bangsa ini dalam suasana akrab, bersahabat, berkawan," ujar Ferdinand.

Upaya rekonsiliasi tersebut dianggap sangat penting. Bukan hanya bagi kedua tokoh, tetapi lebih khusus bagi masyarakat hingga ke akar rumput.

"Itu baik, sangat baik untuk bangsa. Khususnya untuk kondusifitas masyarakat di akar rumput. Di mana mereka banyak terbelah selama proses demokrasi berlangsung," ujar Ferdinand.

Ia mengatakan bahwa sejak lama Demokrat memang mendorong adanya rekonsiliasi antara Jokowi dengan Prabowo. Ide rekonsiliasi dari Demokrat sudah sejak lama disampaikan.

"SBY sudah beberapa kali menyampaikannya. Waktu ramadhan kemarin SBY juga kembali menyampaikan agar para pihak yang berkompetisi dalan pilpres segera melakukan pertemuan. AHY sendiri sudah melakukan langkah politik mengunjungi tokoh-tokoh bangsa dan elite politik," tutur Ferdinand.

Sebelumnya, ketika berkunjung ke pasar di Bali, Jumat, (14/6) pagi, Jokowi menyatakan bahwa ia sangat siap melakukan rekonsiliasi dengan Prabowo. Rekonsiliasi bisa dilakukan di mana saja. Tidak harus secara formal, tetapi bisa lebih santai seperti dengan naik kuda atau MRT. (OL-6)

BERITA TERKAIT