Penjualan Eceran Alami Perlambatan Pertumbuhan


Penulis: Andhika Prasetyo - 14 June 2019, 16:05 WIB
ANTARA
 ANTARA
Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjanarko 

BANK Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran pada periode April 2019 mengalami pertumbuhan 6,7% secara tahunan. Namun, angka tersebut lebih rendah dari penjualan eceran pada Maret yang mencapai 10,1%.

Pelemahan tersebut dipengaruhi pertumbuhan penjualan eceran yang menurun pada semua kelompok, kecuali kelompok Suku Cadang dan Aksesori serta kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya.

Baca juga: Jumlah Pemudik dengan Angkutan Umum Turun 2,42%

Kelompok barang yang mengalami perlambatan paling dalam adalah Barang Budaya dan Rekreasi, yang hanya tumbuh 2,6% secara tahunan. Hal itu juga mengindikasikan adanya penurunan pada barang-barang yang terkait industri pariwisata di Indonesia.

Namun, BI memprediksi pelamahan tidak akan terus berlanjut lantaran pada Mei daya beli masyarakat cukup besar seiring berlangsungnya Ramadan.

"Peningkatan akan ditopang penjualan kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, Suku Cadang dan Aksesori, Makanan, Minuman dan Tembakau serta Sandang," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjanarko melalui keterangan resmi, Jumat (14/6).

Berdasarkan Indeks Penjualan Riil (IPR) dari Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia, pertumbuhan Mei akan mencapai 9,0%. (OL-6)

BERITA TERKAIT