Manusia Pemakan Kartu Kredit


Penulis: Abdillah M Marzuqi - 13 June 2019, 16:35 WIB
dok. Antara
 dok. Antara
Penyelam sedang membersikan sampah plastik. Saat ini tanpa disadari manusia telah mengonsumsi 5 gram plastik dalam seminggu. 

Diet plastik ternyata bukan semata istilah, melainkan benar-benar terjadi. Tanpa disadari manusia mengkonsumsi 5 gram plastik setiap minggu. Jumlah itu setara dengan jumlah plastik yang dibutuhkan untuk membuat kartu kredit.

Berdasarkan penelitian bertajuk No Plastic in Nature: Assessing Plastic Ingestion from Nature to People, warga Australia tanpa sadar sudah menelan plastik dengan bobot setara kartu kredit.

Penelitian yang dilakukan University of Newcastle dan WWF itu menganalisa data dari 50 studi tentang konsumsi mikroplastik oleh manusia.

Mereka menganalisis tingkat pencemaran laut yang menunjukan manusia mengonsumsi sekitar 2.000 potong plastik atau sekitar 5 gram setiap minggu. Jumlah itu setara dengan 21 gram per bulan, 250 gram per tahun, atau 52 kartu kredit.

Baca juga : Ini manfaat Ngobrol di Transportasi Umum

Sebagian besar plastik terkonsumsi melalui air minum, baik air keran dan kemasan. Garam dan bir juga menjadi penyebab terbesar, selain ikan laut.

"Temuan ini harus berfungsi sebagai peringatan untuk pemerintah," kata Direktur Jenderal WWF Internasional Marco Lambertini seperti dilansir news.com.au.

Plastik dalam tubuh berbahaya dalam jangka waktu panjang. "Jika kita tidak ingin plastik di tubuh kita, kita perlu menghentikan jutaan ton plastik yang terus bocor ke alam setiap tahun," tambahnya.

Sebanyak 8 juta ton plastik diperkirakan mencemari lautan setiap tahun. WWF meluncurkan petisi global yang meminta agar ada perjanjian yang mengikat tentang polusi plastik laut. Kini, petisi tersebut telah mendapat lebih dari 500ribu tanda tangan. (M-3)

BERITA TERKAIT