Hadapi Perang Dagang, Kadin Dorong Pemerintah Gerak Cepat


Penulis: Rudy Polycarpus - 12 June 2019, 21:27 WIB
Antara/Wahyu Putro A
 Antara/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo saat menerima pengurus KADIN dan HIPMI di Istana

WAKIL Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani berpendapat Indonesia harus cepat mengidentifikasi peluang dari segi produk unggulan guna menyiasti perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Pasalnya, jelas Shinta, Indonesia harus bersaing dengan negara tetangga seperti Vietnam dan Malaysia yang lebih unggul dari segi perpajakan, upah tenaga kerja, infrastruktur serta insentif fiskal.

Baca juga : Presiden Minta Pengusaha Manfaatkan Momentum Perang Dagang

"Kita melihat peluang dari segi relokasi investasi, tapi investor akan membandingkan, apa yang ditawarkan Indonesia, kemudahan dibandingkan negara lain. Makanya tadi saya bilang presiden, ayo cepat-cepat bergerak," ujarnya seusai menghadiri pertemuan Kadin dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (12/6).

Di sisi lain, jelas Shinta, Indonesia perlu menimang dari segi biaya apakah biaya produksi produk tersebut bisa bersaing dengan biaya produksi di negara lain.

Selain itu investasi asing sebaiknya menggandeng mitra lokal. "Bagaimana agar pengusaha lokal bisa ambil peluang dengan bermitra jadi jangan biarkan asing masuk sendiri," imbuhnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT