12 June 2019, 11:33 WIB

Korsel Lolos ke Final Piala Dunia U-20


Cahya Mulyana | Sepak Bola

AFP/Janek SKARZYNSKI
 AFP/Janek SKARZYNSKI
Pemain Korsel mengungkapkan kegembiraan mereka usai meraih kemenangan 1-0 atas Ekuador di laga semifinal Piala Dunia U-20.

KOREA Selatan (Korsel) berhasil melaju ke final Piala Dunia U-20 setelah mengalahkan Ekuador 1-0 pada laga semifinal yang digelar di Alena Lublin, Polandia, Rabu (12/6) dini hari WIB.

Gol semata wayang pasukan Chung Jung-Young tercipta oleh Choi Jum pada menit 39.

Pada babak pertama, Ekuador bermain tenang dengan serangan yang hampir membuahkan keunggulan. Pada menit ke-38 tendangan Leonardo Campana nyaris menggetarkan jala Korea Selatan namun bisa digagalkan.

Semenit kemudian gol yang ditunggu-tunggu datang dari Choi Jun setelah memanfaatkan umpan dari Lee Kang-In.

Skor 1-0 untuk Korsel bertahan hingga peluit tanda turun minum dibunyikan.

Baca juga: Insigne dan Verratti Pimpin Italia Kalahkan Bosnia

Kemudian 45 menit berikutnya, jual beli serangan kembali terjadi. Ekuador berusaha mencari gol penyeimbang namun tidak kunjung tiba.

Sebaliknya, Korsel hampir menggandakan keunggulan namun sepakan Ko Jae-Hyun masih melenceng dari gawang Ekuador.

Setelah itu, Ekuador juga berpotensi menyamakan papan skor melalui sepakan Diego Palacios, namun kiper Gwang-Yeon tampil sigap untuk menjaga kemenangan Korea.

Hingga peluit panjang menggema, tidak ada lagi gol tercipta sehingga mengantarkan Korea Selatan ke final. Pada laga final yang akan digelar pada Sabtu (15/6), Korsel akan bertemu Ukraina yang menekuk Italia, juga dengan skor 1-0 berkat gol Serhiy Buletsa di menit ke-65.

Siapa pun tim yang keluar sebagai juara merupakan pemenang baru karena kedua tim baru kali pertama kali masuk tahap final. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT