11 June 2019, 22:20 WIB

Taput Bersiap Bangun Universitas Negeri


(LD/N-3) | Nusantara

MI- Januari Hutabarat
 MI- Januari Hutabarat
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan

PEMERINTAH Kabupaten Tapa-nuli Utara (Taput), Sumatra Utara, menyiapkan dana untuk pembangunan sebuah universitas negeri. Hal itu untuk kemajuan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan,  kemarin, mengatakan rencana pembangunan universitas negeri itu merupakan ­idaman dan harapan masyarakat Tapanuli.

“Anakkon hi do hamoraon di ahu. Artinya, bagi orang Batak, anak merupakan kekayaan bagi kedua orangtua mereka. Filosofi Batak itu memiliki makna yang luas dan merupakan harga mati yang tidak dapat ditawar,” kata Nikson.

Dia melanjutkan, orang Batak menganggap anak sebagai kekayaan yang tertinggi dalam hidup mereka. Anak disebut sebagai kekayaan bukan berarti dalam jumlah atau banyaknya anak sese-orang, melainkan kemampuan kedua orangtua  menyekolahkan anak-anak mereka. (JH/N-3)

Jumlah Pencari Kartu Kuning Melonjak
Pencari kartu kuning di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) melonjak signifikan pasca-Lebaran. Jika rata-rata jumlah pencari hanya berkisar 25-30 orang, kini mencapai lebih dari 150 orang atau 5 kali lipat.

Umumnya, mereka mengurus kartu kuning untuk syarat mencari kerja di Jakarta dan Jawa Barat. Salah seorang pencari kartu kuning yang mengurus di Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyumas, Setiyawan, 19, mengatakan setelah lulus SMK dia langsung mengurus kartu kuning untuk mencari kerja di luar kota.

“Mungkin nanti saya mencari kerja di Cikarang, Jawa Barat. Kalau tidak, ya di Bekasi, tergantung lowongan kerjanya di mana,” kata Setiyawan, Selasa (11/6).

Senada, Hernus, 19, mengatakan setelah mendapatkan kartu kuning, akan langsung berangkat ke Cikarang untuk mencari kerja. “Karena di Banyumas tidak banyak lowongan,” tukasnya. (LD/N-3)

BERITA TERKAIT