11 June 2019, 13:06 WIB

Warga Antusias Coba LRT


Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Warga menaiki LRT dari Stasiun Boulevard Utara menuju Velodrome, Jakarta.

BANGUNAN besar yang terletak tepat di tengah jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Timur, persis di depan Mal Kelapa Gading, akhirnya kembali dibuka. Warga pun terlihat memasuki bangunan tersebut.

Stasiun Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, itu mulai kembali dibuka karena saat ini LRT Jakarta mulai melakukan uji publik untuk warga yang ingin menjajal transportasi yang digadang dapat mengurai kemacetan di kawasan timur Jakarta tersebut.

Salah seorang warga yang ikut melakukan uji publik, Sandriani, 40, menceritakan pengalamanya saat menjajal LRT untuk pertama kali.

"Setiap ada program pemerintah baru, saya selalu pengen tahu dan selalu mencoba. Snak sih kursinya nyaman, keretanya juga cepat. Mirip, tidak jauh beda seperti MRT," kata Sandriani, di Stasiun Boulevard Utara, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (11/6).

Ia juga memperkirakan, dengan hadirnya LRT nantinya dapat meminimalisasi kemacetan di kawasan yang dilintasi LRT Jakarta.

"Sepertinya nantinya dapat menguai kemacetan apalagi untuk kemacetan daerah sini, " ungkapnya.

Sepanjang berlangsungnya masa uji publik, terlihat para petugas dengan rama menyapa dan memberikan informasi bagi penumpang yang merasa kebingungan.

"Selamat datang, untuk menunggu kereta bisa menunggu di sebelah sana," jelas salah seorang petugas LRT.

Baca juga: Hari Pertama Uji Publik LRT Diikuti 5.000 Penumpang

Kereta LRT yang terdiri dari dua rangkaian kereta siap menaikan dan menurunkan penumpang dengan selang waktu antarkereta (headway) 10 menit.

Dalam pantauan terlihat pula informasi petunjuk mengenai waktu tiba kereta LRT di peron untuk memudahkan penumpang mengenai informasi kedatangan kereta.

Saat kereta datang, para penumpang terlihat mulai memasuki rangkaian kereta LRT. Saat di dalam kereta terlihat warga yang mengabadikan momen saat melakukan uji publik LRT dengan berswafoto di dalam kereta/ Tidak sedikit dari mereka mengabadikan momen tersebut dengan merekam video.

"Hallo teman-teman, sekarang kita lagi di dalam kereta LRT Jakarta, " kata seorang penumpang saat membuat video dari kamera ponselnya.

Salah satu penumpang lainnya, Linda, 21, saat ditemui di dalam kereta mengatakan kereta LRT sudah cukup nyaman untuk dijadikan pilihan moda transportasi.

"Sudah cukup nyaman ya, kursi penumpang nya nyaman, pendingin udaranya juga pas, ditambah waktu tempuh hanya 10 menit antara Velodrome Rawamangun - Boulevard Raya, " ucapnya.

Ia juga berharap hadirnya LRT, jalan di kawasan yang dilalui LRT Jakarta dapat bebas dari kemacetan dan juga masyarakat akan lebih banyak berpindah ke transportasi publik sehingga dapat berkurang tingkat kemacetan di kawasan tersebut.

"Ya semoga dengan hadirnya LRT, masyarakat mulai meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi publik ya, supaya jalan di kawasan ini kemacetannya berkurang, " pungkasnya.

LRT Jakarta, saat ini, tengah melakukan uji publik mulai dari Selasa (11/6) sampai dengan Jumat (21/6).

Operasi uji coba tersebut dilakukan mulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 23.00 WIB, dengan selang waktu antar kereta (headway) 10 menit.

Adapun LRT akan menaikan dan menurunkan penumpang di enam stasiun LRT yakni, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulo Mas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. (OL-2)

BERITA TERKAIT