10 June 2019, 08:47 WIB

Diduga Sebar Hoaks, Polisi Panggil Ustaz Lancip


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

POTONGAN ceramah KH Ahmad Rifky Umar Said Barayis yang kerap dipanggil Ustaz Lancip berseliweran di media sosial. Ia mengaku menjadi saksi mata atas peristiwa kerusuhan 21-22 Mei di Tanah Abang. Pun mengklaim melihat perilaku brimob yang disebut biadab karena menembaki orang yang sedang tertidur di Markas Petamburan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Polda Metro Jaya melayangkan surat panggilan untuk meminta klarifikasi pada Ustaz Lancip, Senin (10/6) ini di Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya. Ustaz Lancip diduga melakukan tindak pidana ujaran kebencian dan berita bohong pada ceramah di Majelis Al Ihya Bogor.

Baca juga: Polisi Mulai Selidiki Kerusuhan 21 dan 22 Mei

Dalam ceramahnya tersebut, Ustaz Lancip mengaku langkahnya digiring oleh Allah SWT untuk datang ke Tanah Abang. Ia mengklaim melihat langsung peristiwa penembakan termasuk orang yang sedang tertidur ikut ditembaki. Usai peristiwa rusuh terjadi, ia pun duduk di tengah jalan sembari minum dan diusir untuk segera pergi.

"Haus bos, minum dulu. Capek gw jalan dari sono. Ya Allah Ya Rabbi untung gw kaga ditembak sama dia, dibentak-bentak sampai lima motor," ujar Lancip menirukan jawabannya saat peristiwa terjadi.

Ia pun mengklaim adanya korban meninggal hingga 60 orang dan ratusan orang hilang, termasuk keponakannya. Ia meminta kepada jemaahnya agar waspada karena bisa jadi pengajian akan diintimidasi.(RO/OL-5)

BERITA TERKAIT