120 Ribu Partikel Mikroplastik Masuk ke Tubuh


Penulis: Media Indonesia - 10 June 2019, 07:10 WIB
MI/Duta
 MI/Duta
Ilustrasi MI

SETIAP orang rata-rata makan dan menghirup hingga 120 ribu partikel mikroplastik setiap tahun. Meski dampak kesehatan menelan partikel tersebut belum diketahui, bagian kecil mikroplastik itu dapat memasuki jaringan tubuh manusia. Hal itu berpotensi memicu reaksi kekebalan serta melepaskan zat beracun.

Peneliti memprediksi setiap orang mengonsumsi 74 ribu-121 ribu partikel mikroplastik setiap tahun, tergantung usia dan jenis kelamin. Orang yang kerap minum air kemasan berpotensi mengonsumsi 90 ribu mikroplastik tambahan setiap tahun.

Penelitian yang tertuang dalam jurnal Environmental Science & Techno-logy ini merupakan studi pertama yang mengestimasi konsumsi manusia terhadap plastik. “Tim peneliti meninjau 26 studi sebelumnya yang melihat jumlah partikel mikroplastik pada ikan, kerang, garam, alkohol, air kemasan, dan udara. Kami melihat mikroplastik akan terus ditemukan dalam sebagian besar konsumsi manusia,” ujar Kieran Cox, pemimpin penelitian dari Universitas Victoria. (Independent/Tes/X-10)

BERITA TERKAIT