PDIP Sangkal Punya List Calon Menteri


Penulis: Dero Iqbal Mahendra - 08 June 2019, 22:45 WIB
MI/Susanto
 MI/Susanto
Wasekjen PDIP Ahmad Basarah

WAKIL Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah mengungkapkan saat ini Presiden Joko Widodo maupun para partai koalisi masih berkonsentrasi terkait rekonsiliasi nasional.

Ia pun mengaku PDIP hingga saat ini masih belum memiliki long list untuk calon menteri yang akan diusulkan kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin nantinya.

"Saya kira terlalu jauh kalau hari ini membicarakan long list menteri karena toh masih Oktober akan datang kabinet itu disusun oleh presiden terpilih," tutur Ahmad Basarah kegiatan Peringatan 118 Tahun Bung Karno dan Haul 6 Tahun Taufiq Keimas di kantor DPP PA GMNI, Sabtu, (8/6).

Menurutnya Jokowi sebagai pemegang hak prerogratif yang menentukan struktur hingga personel menterinya hingga saat ini masih belum membicarakan terkait struktur maupun personil kabinet dengan partai partai koalisi.

Baca juga : Kriteria Menteri, TKN: Jokowi Cari Sosok Muda dan Berpengalaman

Jokowi saat ini menurut Basarah masih berkonsentrasi merajut persaudaraan Indonesia yang terimplikasi pileg dan pilpres. "Jadi konsentrasi presiden masih kepada rekonsiliasi nasional," terang Basarah.

Di sisi lain Basarah mengungkapkan penentuan nama-nama untuk posisi strategis seperti jabatan menteri, pimpinan DPR maupun pimpinan MPR merupakan hak prerogratif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagaimana dalam AD/ART partai.

Untuk itu Megawati memiliki kewenangan penuh untuk menentukan siapa yang akan dicalonkan untuk duduk di sejumlah jabatan tersebut.

Megawati sendiri saat ini masih berkonsentrasi bersaama dengan pimpinan partai koalisi untuk mendukung Jokowi dalam upaya rekonsiliasi nasional pasca pemilu.

Menurut Basarah Jokowi terpilih sebagai presiden Indonesia bukan sebagai presiden TKN atau presiden koalisi sehingga persatuan bangsa mertupakan suatu hal yang mutlak. (OL-8)

BERITA TERKAIT