Cara Benar Mencuci Tangan


Penulis: Tosiani - 06 June 2019, 16:05 WIB
Antara/JEREMIAS RAHADAT
 Antara/JEREMIAS RAHADAT
Siswa mencuci tangan bersama di SD Inpres 13, Kampung Bhintuka, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (19/10/2018).

APAKAH selama ini anda telah mencuci tangan dengan benar? Bagaimana memastikan bakteri penyebab infeksi yang ada di ujung jari kita hilang? Seorang ahli dari Royal College of Nursing, Rose Gallagher seperti dilansir dari The Guardian memberi nasehat tentang cara menjaga kebersihan tangan.

Disebutkan, ada dua jenis bakteri di tangan. Yakni bakteri tidak menyebabkan infeksi sehingga baik untuk kulit, dan bakteri penyebab infeksi yang ada di ujung jari.

Pastikan Anda mencuci tangan setelah pergi ke toilet, mengganti handuk, mengganti popok, usai menangani daging mentah, dan sebelum makan. Juga setelah bepergian dengan transportasi umum.

Untuk mencuci tangan dengan benar, dibutuhkan sabun dan idealnya ada air yang mengalir. Tapi juga bisa menggunakan semangkuk air. Basahi tangan secara menyeluruh, dan oleskan sabun cair atau batangan. Jangan memberikan sabun pada tangan yang kering karena bisa menimbulkan iritasi.

Gosok kedua telapak tangan dengan menjalin jari-jari dan gosok secara bersamaan. Tempatkan ujung jari satu tangan di telapak tangan lainnya, gosok. Lakukan sebaliknya. Menggosok tangan bersama-sama, menciptakan gesekan, yang menghilangkan bakteri dan membuat busa.

Dalam busa itu ada bakteri yang telah dihapus. Lalu bilas tangan dan keringkan secara menyeluruh, termasuk di sela jari-jari. Jika pengeringan dengan menggunakan tisu, jangan angkat tutup sampah dengan jari bersih. Di rumah, gantilah handuk tangan dua kali seminggu. (M-4)

BERITA TERKAIT