03 June 2019, 18:00 WIB

Format Berubah, Liverpool Terancam Absen di Piala Dunia Antarklub


Rendy Renuki H | Sepak Bola

AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU
 AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU
Liverpool

LIVERPOOL terancam absen di ajang Piala Dunia Antarklub tahun ini, meski menjuarai Liga Champions. Perubahan format kompetisi yang akan diberlakukan FIFA menjadi alasannya.

Juara Liga Champions biasanya secara otomatis masuk ke turnamen tersebut. Piala Dunia Antarklub akan dimainkan pada Desember di tahun yang sama.

Namun, proposal perubahan format kompetisi yang diusung FIFA membuat Liverpool tecancam batal tampil. FIFA berencana mengubah format turnamen menjadi empat tahunan dan diikuti 24 tim dari enam konfederasi.

Artinya, gelar juara Liga Champions Liverpool tahun ini tidak akan dihitung. Turnamen dengan format baru itu akan kembali digelar FIFA pada 2021 mendatang.

"Sekarang dunia akan melihat siapa juara Piala Dunia Antarklub sebenarnya, saat fan akan melihat tim terbaik menyelesaikan turnamen dan merebut mahkota juara sebenarnya," ujar Presiden FIFA Gianni Infantino dinukil Squawka.

Baca juga: Pendukung Liverpool Bangga dengan Performa Punggawa The Reds

"Kami berharap seluruh klub terbaik akan berpartisipasi dan kami telah berdiskusi dengan baik dengan UEFA. Ini adalah tanggung jawab kami mengambil keputusan ini, karena kami harus bersepakat dengan para konfederasi, karena kompetisi berjalan tinggal dua tahun lagi," sambungnya.

Piala Dunia Antarklub nantinya akan digelar pada Juni-Juli setiap empat tahun sekali. Kompetisi akan diikuti 24 klub, yang terdiri dari enam klub Amerika Latin, tiga klub Asia, tiga klub Afrika, tiga Amerika Tengah, satu dari Oseania, ditambah finalis Liga Champions Eropa, dan juara Liga Europa.

Sejauh ini belum ada tanggapan terutama dari Asosiasi Klub Eropa (ECA) mengenai perubahan tersebut. Namun Infantino berharap perubahan format Piala Dunia Antarklub mendapat tanggapan positif. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT