Ternyata Ikan Kecil Ini Bantu Kehidupan Terumbu Karang


Penulis: Rizky Noor Alam - 03 June 2019, 09:35 WIB
dok. AFP
 dok. AFP
Ilustrasi ikan-ikan kecil yang hidup di terumbu karang. Mereka berfungsi menutrisi ekosistem terumbu karang.

Keberlangsungan hidup terumbu karang ternyata bukan hanya bergantung pada kondisi iklim yang stabil dan lautan yang bebas polutan, juga bergantung pada para penghuninya, yaitu ikan-ikan kecil. Kebanyakan ikan yang menghuni terumbu karang ukurannya kurang lebih 2 inci. Siklus hidup ikan kecil-kecil tersebut amat cepat, mereka dimangsa saat usia muda. Namun tumbuh kembang ikan itu cepat sehingga terjadi harmoni ekosistem yang baik.

Ada sebuah paradoks usang mengatakan terumbu karang hidup di bagian kecil samudera yang miskin nutrisi, justru menjadi rumah bagi sepertiga spesies ikan di dunia. Jutaan orang pun bergantung pada terumbu karang karena ikan-ikan banyak berkumpul di sekitarnya entah itu sebagai penghuni maupun mencari mangsa di sekitar terumbu karang.

Sebuah teori menyatakan topografi lereng terumbu karang menangkap dan memusatkan nutrisi dan plankton mikroskopis dari perairan sekitarnya. Tidak hanya itu, peran makhluk hidup lain yang berupa spons maupun spesies invetrebrata lainnya di terumbu karang, ternyata memiliki fungsi mendaur ulang bahan organik yang telah mati agar bisa dimakan spesies lainnya.

Para ilmuwan kelautan dari Kanada, Prancis, Australia, dan Amerika Serikat telah menerbitkan sebuah makalah yang isinya pendapat mereka  sebagian besar ikan kecil dan vetrebrata kecil yang tinggal di terumbu karang memiliki fungsi memicu mesin nutrisi ekosistem terumbu karang, menyediakan makanan untuk makhluk yang lebih besar. Seperti yang dikutip dari National Geographic ukuran spesies-spesies tersebut kurang dari 2 inci, bahkan ada beberapa spesies yang membutuhkan jumlah 40 ekor untuk mencapai berat seperempat kilogram.

"Mereka mungkin menyumbang hampir 60% dari biomassa ikan dan setengah dari spesies ikan di terumbu dan setengahnya lagi tersembunyi," kata ahli ekologi terumbu karang dari Universitas Simon Fraser Kanada, Simon Brandl, yang juga merupakan ketua dari penelitian terbaru tersebut.

Brandl menambahkan rahasia kesuksesan ikan-ikan kecil dan pentingnya ikan di terumbu adalah cara hidup mereka yang mirip dengan serangga, dimana mereka berkembang biak dengan subur, tumbuh cepat, dan menjalani kehidupan yang sangat singkat.

"Mereka telah melakukan pergantian yang tidak seperti organisme vertebrata yang kita tahu. Mereka seperti capung, jangkrik, yang mana tahapan kehidupannya hanya butuh waktu beberapa minggu untuk dewasa, kemudian mereka bereproduksi lagi, lalu pergi atau dimakan oleh predator," pungkasnya. (M-3)

Baca juga : Autisme Bisa Diobati dengan Pil Probiotik

 

BERITA TERKAIT