29 May 2019, 19:10 WIB

Polri Didesak Tangkap Dalang Rencana Pembunuhan Tokoh Nasional


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

TERKAIT rencana pembunuhan yang menarget empat orang tokoh nasional, yakni Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, dan Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gorries Mere, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) meminta Kepolisian Negara Republik Indonesia bersikap tegas (29/5).

Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, Juventus Prima Yoris Kago, melihat ancaman pembunuhan itu serius dan dapat mengganggu keamanan nasional.

"Polri harus tegas menindak para pelaku dan dalang di balik semuanya. Ini sangat berpotensi mengancam keamanan nasional," tandas Juventus.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa upaya pembunuhan ini berpotensi memprovokasi sekaligus menakuti masyarakat sipil.


Baca juga: 02 Sebut Pemilu 2019 Terburuk, KPU: Pemilu dengan Hoaks Terburuk


"Ini berpotensi memecah konflik di akar rumput dan dampak psikologisnya adalah ketakutan di tubuh warga karena adanya teror," kata dia.

Juventus juga mengingatkan bahwa upaya pembunuhan para pejabat negara akan membangkitkan trauma bangsa Indonesia akan masa lalu kelam yang pernah dialami.

"Kita pernah punya lembar sejarah kelam yang menciptakan trauma panjang bagi bangsa ini, saya kira yang seperti ini harus ditindak tegas demi mengantisipasi hal buruk lainnya," ujarnya.

Saat ini, polisi tengah memburu dalang di balik rencana pembunuhan yang memerintah para tersangka untuk melancarkan aksinya. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT