LRT akan Dilanjutkan Hingga Stadion BMW


Penulis: Nur Azizah - 29 May 2019, 15:15 WIB
AFP/Adek BERRY
 AFP/Adek BERRY
LRT sedang melakukan uji coba di Jakarta

LIGHT Rail Transit (LRT) Jakarta bakal diteruskan hingga ke Stadion BMW atau Jakarta Internasional Stadium di Sunter, Jakarta Utara. Saat ini, PT Jakarta Propertindo tengah mengurus surat izin perpanjangan proyek.

Direktur Konstruksi PT JakPro Iwan Takwin mengatakan trase LRT sebetulnya dari Wisma Atlet Kemayoran hingga venue Velodrome di Rawamangun. Namun, trase dipangkas menjadi Kelapa Gading-Velodrome.

"Izinnya sedang berproses. Dulu trasenya dari Kemayoran ke Velodrome terus diputus jadi Kelapa Gading ke Velodrome," ungkap Iwan di Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

Iwan ingin LRT bisa menjadi salah satu transportasi massal yang digunakan supporter bola. LRT diharapkan bisa memudahkan mereka yang ingin menuju JIS.

"Sekarang yang lagi diurus izinnya, nanti kita tambah rutenya dari Kemayoran ke JIS sekitar 1,8 kilometer. Karena LRT transportasi publik untuk penonton JIS," ujar dia.

Baca juga: LRT Yakin akan Jadi Moda Favorit di Ibu Kota

Di sisi lain, LRT Jakarta masih belum juga beroperasi secara komersial. Alasannya, belum ada jembatan penghubung antara stasiun LRT dan jalur TransJakarta.

"Belum (beroperasi). Kita sekarang menyelesaikan dulu jembatan connecting dengan busway," kata dia.

Iwan mengaku pihaknya tengah mengebut pekerjaan tersebut. Ia mau LRT langsung terintegrasi dengan TransJakarta.

"Sedang kita kejar supaya ketika sudah beroperasi bisa langsung terkoneksi. Jadi, pelayanannya bukan hanya 6 kilometer tapi sudah integrasi dengan Trans-Jakarta sampai Dukuh Atas," jelas Iwan. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT