PB ISSI Targetkan Satu Emas di SEA Games


Penulis: Rendy Renuki H - 28 May 2019, 17:30 WIB
ANTARA/INASGOC/Hariandi Hafid/
 ANTARA/INASGOC/Hariandi Hafid/
Final nomor BMX putra di Asian Games 2018

PENGURUS Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) mematok target di SEA Games 2019 Manila. Satu keping emas menjadi target minimal ISSI pada multievent dua tahunan Asia Tenggara tersebut.

Target itu diungkapkan langsung Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari. Ia menegaskan emas tersebut kemungkinan bisa diperoleh dari nomor andalan macam BMX dan Track.

Target emas itu pun, menurutnya, akan dibebankan kepada atlet pelapis. Pasalnya, atlet utama ISSI saat ini telah fokus mempersiapkan diri untuk Olimpiade 2020 Tokyo.

"SEA Games bukan pertandingan yang qualified untuk Olimpiade. Sehingga kita mempunyai kebijakan mengirimkan lapis kedua, karena elitenya kita persiapkan pengumpulan poin (Olimpiade)," kata Raja Sapta saat buka puasa bersama dengan awak media dan yatim piatu di Kuningan, Jakarta, Senin (27/5).

Baca juga: Atlet BMX dan Trek Indonesia Berpeluang Tampil di Olimpiade 2020

"Kita sepakat untuk persiapkan lapis kedua kita ke Filipina. Tapi jangan salah, lapis kedua kita juga peluang mendapat medali emas. Minimal kami akan sumbangkan satu emas," tegas pria yang karib disapa Okto tersebut.

Kebijakan menurunkan atlet lapis kedua, menurutnya, karena atlet elite ISSI sedang dikejar waktu mengumpulkan poin untuk Olimpiade.

Para atlet yang akan diturunkan di SEA Games juga, menurutnya, tidak bertabrakan dengan jadwal pengumpulan poin di event balap sepeda lainnya.

"Kita serius menatap SEA Games, memang fokus utama kami adalah Olimpiade. Untuk pengumpulan poin waktunya tidak panjang, kurang dari satu tahun."

"Atlet yang kita kirim juga waktunya tidak tabrakan. Kalau bertabrakan dengan pengumpulan poin, maka itu yang kita prioritaskan," pungkasnya. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT