28 May 2019, 07:34 WIB

Union Berlin Raih Promosi ke Bundesliga


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

UNION Berlin, Senin (27/5), meraih promosi ke Bundesliga untuk pertama kalinya sepanjang sejarah setelah mengalahkan VfB Stuttgart dalam laga playoff promosi-degradasi.

Setelah nyaris meraih promosi pada 2017, Union menjadi klub pertama dari wilayah Jerman Timur era komunis yang berhasil berlaga di Bundesliga sejak Energie Cottbus terdegradasi pada 2009.

Union dan Stuttgart bermain imbang 0-0 pada Senin (27/5) setelah bermain imbang 2-2 di laga leg pertama, Kamis (23/5). Karenanya, Union lolos dengan keunggulan gol tandang.

Meski RB Leipzig yang meraih promosi pada 2016 juga berasal dari Jerman Timur namun klub itu baru berdiri pada 2009m jauh setelah unifikasi Jerman.

Adapun Union merupakan ikon dari era komunis. Mereka menghabiskan waktu di era 1970-an dan 1980-an naik turun di dua divisi teratas sepak bola Jerman Timur.

Stadion kandang mereka, Alte Foersterei, yang berada di dalam hutan di Berlin Timur, terkenal sebagai rumah bagi mereka yang melawan pemerintahan rezim.

Baca juga: Dortmund Tegaskan tidak Berniat Jual Sancho

Sejak rubuhnya Tembok Berlin, Union sukses menempatkan diri sebagai salah satu klub besar di Jerman Timur.

Seperti kebanyakan klub Jerman Timur lainnya, Union mengalami kesulitan keuangan parah pascareunifikasi Jerman. Namun, kini, mereka sukses menjadi salah satu klub terkaya di kawasan.

Setelah meraih promosi dari Divisi III pada 2009, Union selalu bermain di Divisi II, bukti kestabilan klub asal Jerman Timur.

Selama beberapa tahun terakhir, Union sukses mencuri perhatian berkat aksi pendukung mereka. Pendukung Union membantu membiayai renovasi stadion pada 2008. Mereka juga menyumbangkan darah untuk membantu klub melunasi utang mereka pada 2004.

Meraih promosi ke Bundesliga menjadi salah satu torehan prestasi Union selain menjadi juara Piala Jerman Timur pada 1968 dan tampil di final DFB Pokal pada 2001.

Bersama Hertha, Union membuat Ibu Kota Jerman kini menampilkan dua klub di Bundesliga. Ini menjadi kali pertama dua klub asal satu kota berlaga di Bundesliga sejak 2010/11 ketika Hamburg ditemani oleh rival sekota mereka St Pauli.

Mendampingi Union meraih promosi ke Bundesliga adalah Cologne dan Paderborn. Adapun klub yang terdegradasi dari Bundesliga adalah Stuttgart, Hannover, dan Nurenberg. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT