27 May 2019, 06:05 WIB

Hamilton Juarai Lomba Keempat Kali


MI | Olahraga

AFP
 AFP
Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton

JUARA bertahan dan pemegang lima gelar juara Formula Satu (F1) Lewis Hamilton kembali menunjukkan dominasinya.

Pembalap tim Mercedes asal Inggris tersebut memenangi lomba F1 seri keenam dengan waktu 1 jam 43 menit 28,347 detik di Circuit de Monaco, Monako, kemarin.

Dari enam seri, Hamilton telah memenangi lomba yang keempat. Pembalap dengan ken-daraan bernomor 44 tersebut hanya gagal meraih juara pada Grand Prix (GP) Australia dan Azerbaijan. Namun, dia masih meraih podium nomor kedua sebanyak dua kali.

Pada GP Monako dengan 78 putaran, pembalap tim Ferrari Sebastian Vettel menuntaskan lomba dengan finis kedua dengan selisih waktu 2,602 detik. Sementara itu, rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas menempati posisi ketiga dengan selisih waktu 3,162 detik.

Dengan menjuarai GP Monako, Hamilton meraih tambahan 25 poin. Ia telah mengumpulkan 137 poin dan menempati posisi puncak klasemen umum F1.      

Sebelum berlomba pada seri keenam di Circuit de Monaco, Monako, Hamilton mengatakan, “Saya berutang banyak kepada Niki (Lauda).” Niki Lauda adalah salah satu pembalap legenda F1. Pembalap era 1970-an yang pernah menjadi juara dunia F1 tiga kali berpulang pada Senin (20/5) pada usia 70 tahun.

Pembalap Inggris berusia 34 tahun tersebut mengakui sangat menghormati dan mengagumi­ pembalap asal Austria tersebut. Bahkan, dengan torehannya meraih pole position yang ke-85 kali di Grand Prix Monako tak lain dipersembahkan untuk mendiang Lauda.

“Kami semua mencintai dia (Lauda) dan kami semua kehilangan dia, ini sulit terbayangkan tidak pernah lagi bertemu dengan dia atau berbicara dengan dia dan bercakap-cakap. Saya memiliki kenangan besar dengan dia dan dia akan dikenang saya selamanya,” kata Hamilton­ yang sangat memuja dan mengidolakan Lauda. (AFP/R-3)

 

BERITA TERKAIT