26 May 2019, 22:45 WIB

Nusantara Foundation Bangun Pesantren Terbesar di Amerika Serikat


Wisnu Arto Subari | Humaniora

Dok. Nusantara Foundation
 Dok. Nusantara Foundation
Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali

NUSANTARA Foundation akan membangun sebuah pesantren pertama yang terletak di Connecticut, Amerika Serikat, pembangunan pondok pesantren Nur Inka Nusantara Madani ini diperkenalkan oleh Imam Shamsi Ali di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta (24/5).

Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali mengungkapkan pesantren ini merupakan yang terbesar memiliki luas 7,5 ha sehingga diharapkan dapat menjadi gaung Indonesia di dunia internasional dan islam

"Akan merupakan catatan sejarah Islam dunia di Amerika, kami mendirikan pesantren Indonesia, agar dari seluruh dunia bisa belajar agama di pesantren ini dan nama besar Indonesia tergandeng," katanya.

Imam Shamsi Ali mengaku galau karena sebagai bangsa yang terbesar pemeluk agama islam namun dianggap sebelah mata.

Baca juga : Utusan Al-Azhar Tegaskan Anak Yatim Tanggungjawab Semua Muslim

"Alasan saya mendirikan pesantren, dan salah satu yang menggalaukan saya, Bangsa dan negara besar ini kurang terdengar gaungnya di dunia internasional, termasuk di dunia islam, kita dilihat sebelah mata oleh dunia internasional dan dunia islam, padahal kita sebagai bangsa islam terbesar didunia," sebut Imam Shamsi Ali.

Melalui pesantren ini, lanjut Imam Shamsi Ali, akan disampaikan islam yang sesungguhnya, yaitu islam yang rahmatan dan lilamin, islam yang tersenyum yang bersahabat dan yang merangkul semua orang, jadi bukan islam yang sangar dan menakutkan.

"Saya kira kita memiliki potensi untuk itu, oleh sebabnya saya namakan proyek ini pesantren, karena ini adalah ciri khas Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain," sambungnya.

Pria lulusa S2 University Islam International, Islamabad, Pakistan yang kini imam di kota New York itu berharap  pemerintah Indonesia turut ambil bagian dalam pembangunan pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Connecticut ini agar pesantren ini menjadi kontribusi dan kebanggaan bangsa Indonesia. (RO/OL-8)

BERITA TERKAIT